Sekjen Sebut Pentingnya Sertifikat Sebagai Legalitas Pembimbing Manasik Haji dan Umrah

Diposting pada: Kamis, 10 Desember 2020
Foto



Jambi (Humas) - Kebutuhan mengenai pelayanan haji dan umrah terus berkembang, sehingga penyelenggara haji dan umrah harus terus meningkatkan kualitas pelayanan, termasuk peningkatan layanan manasik haji dan umrah.

Jika dahulu layanan manasik haji hanya terfokus pada penyampaian materi saja, maka saat ini dikembangkan dengan layanan manasik haji berupa praktek haji dan umrah yang diupayakan semirip mungkin pada pelaksanaan ibadah haji dan umrah di tanah suci. Layanan manasik haji dan umrah ini sudah difokuskan sampai detaik sekecil apapun, seperti penggunaan toilet seperti di tanah suci, dan lain-lain.

Dengan demikian, pembinaan kompetensi terhadap pembimbing manasik haji menjadi hal yang menjadi perhatian Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah Profesional yang digelar pada Minggu (6/12). Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi dengan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN- STS) Jambi.

Bertempat di Aula Asrama Haji provinsi Jambi, kegiatan tersebut dihadiri oleh pejabat eselon III dan IV pada Kanwil, Kepala Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Wakil Rektor UIN Sultan Thaha Saifuddin, dan 100 orang peserta Sertifikasi Manasik Haji dan Umrah yang terdiri dari ASN Kanwil Kemenag, ASN Kemang Kabupaten/Kota, ASN di lingkungan KUA, dan beberapa dosen di UIN STS Jambi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, H. Nizar Ali turut hadir dalam kegiatan tersebut untuk memberikan pengarahan kepada para peserta Sertifikasi Manasik Haji dan Umrah.

Ka.Kanwil, H. Muhamad menyampaikan bahwa tujuan sebagai salah satu upaya memberikan peningkatan layanan manasik haji melalui peningkatan kompetensi para pembimbing manasik haji dan umrah provinsi Jambi.

Sekjen Kementerian Agama RI, Nizar Ali menyebutkan bahwa manasik haji dan umrah merupakan salah satu fokus penting dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah. “Seluk beluk terkait layanan haji itu perlu disampaikan kepada calon jamaah haji,” ujar beliau

Program Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah ini sangat penting sebagai bentuk penyiapan tenaga-tenaga profesional untuk mentransfer pemahaman secara detail terkait penyelenggaraan haji dan umrah. Maka muncullah pentingnya sertifikasi pembimbing manasik haji dan umrah, terutama pada era digital ini, legalitas sertifikat itu menjadi kuat. “Contohnya guru atau dosen profesional adalah dosen dan guru yang memiliki sertifikat, maka pembimbing manasik dan haji juga harus memiliki sertifkikat agar disebut professional,” sebut beliau.

Setelah pembinaan ini, tentunya diharapkan kepada para peserta yang telah tersertifikasi ini menjadi para pembimbing manasik haji dan umrah yang memiliki kemampuan, kompetensi, dan strategi yang tepat sasaran dalam mengajar dan memberikan pemahaman mengenai manasik haji dan umrah untuk mencerdaskan jamaah haji. “Harapannya adalah ketika calon jamaah haji dan umrah berangkat, mereka sudah mendapatkan pemahaman yang cukup terkait ibadah haji dan umrah,” harap beliau.

Pembimbing manasik haji dan umrah ini membawa visi misi dan program Kementerian Agama secara luas kepada masyarakat. “Secara legal sudah bisa menyampaikan program-program penyelenggaraan haji dan umrah secara mandiri. Jadi program PHU tersampaikan secara luas,” sebut beliau.

Dalam program sertifikasi ini diberikan uji kompetensi berupa pre test dan post test kepada para peserta untuk mengukur kemampuan para peserta dengan alat ukur yang jelas dari materi dan kurikulumya telah dievaluasi oleh Dirjen PHU.



Sumber : Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umtah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi