Berikan Pembinaan ASN, Sekjen Ingatkan Pentingnya Dukungan Kepada Pimpinan

Diposting pada: Kamis, 10 Desember 2020
Foto

Jambi (Humas) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi melakukan Pembinaan ASN yang disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia, H. Nizar Ali pada Minggu (6/12).

Bertempat di aula Kanwil, Pembinaan ASN tersebut dihadiri pejabat eselon III dan IV pada Kanwil, Kepala Kementerian Agama Kabupaten/Kota secara tatap muka. Dan diikuti secara virtual melalui zoom meeting oleh para Kasubbag TU Kemenag Kab/Kota, para Kepala Seksi pada Kemenag Kab/Kota, para Kepala Madrasah, dan para Kepala KUA di masing-masing Kemenag Kab/Kota.

Ka.Kanwil, H. Muhamad menyampaikan dalam laporannya bahwa optimalisasi kinerja Kementerian Agama Provinsi Jambi pada masa pandemi covid-19 ditekankan kediplinan pada ASN Kementerian Agama Provinsi Jambi. Pada masa tatanan normal baru, setelah evaluasi terhadap hasil kinerja selama bekerja di rumah selama 3 bulan bekerja dari rumah (work from home). Dan berdasarkan hasil musyarawah dan keputusan bersama demi peningkatan kinerja Kementerian Agama Provinsi Jambi, maka diputuskan untuk kembali bekerja di kantor kepada seluruh ASN Kementerian Agama Jambi melalui surat dan nota dinas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi sesuai Surat dan Nota Dinas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi beberapa bulan lalu. “Jadi saat ini ASN Kementerian Agama Provinsi Jambi telah kembali bekerja di kantor sepenuhnya mengacu pada edaran Kemenpan RB, namun tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ungkap Ka.Kanwil.

Disampaikan pula beberapa karya inovasi Kanwil Kemenag Provinsi Jambi dalam upaya peningkatan kinerja dan pelayanan publik, antara lain : Presensi Online yang memudahkan para pimpinan masing-masing unit kerja dalam memonitoring kinerja para staf. Lalu, Humas TV sebagai media publikasi dan penyiaran kegiata-kegiatan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi secara visual . Kemudian, aplikasi Mora Smart Office pada PTSP Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi yang semakin menyederhanakan birokrasi pelayanan publik, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan layanan di Kanwil.

Sekjen Kemenag RI, H. Nizar Ali mengapresiasi seluruh upaya dan ikhtiar Kementerian Agama Provinsi Jambi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada umat beragama dan masyarakat. Dalam hal ini Sekjen Kementerian Agama RI akan terus mendukung sepenuhnya semua program yang dilakukan demi kepentingan umat beragama dan masyarakat.

Beliau mendukung kebijakan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi yang memberlakukan ASN bekerja di kantor sepenuhnya agar dapat secara langsung memonitoring kinerja ASN. “Tentunya ini akan lebih dapat meningkatkan capaian kinerja ASN dan lebih terukur. Tapi harus tetap proteksi diri secara disiplin dalam pencegahan penularan covid-19,” tutur beliau.

Sekjen Kemenag RI menekankan pentingnya dukungan setiap jajaran ASN kepada pimpinan satuan kerjanya demi menjaga nama baik, harkat dan martabat instansi itu sendiri. “Jika pimpinan melakukan kesalahan, maka perlu diingatkan dan diluruskan, bukan malah dijerumuskan. Bawahan juga perlu menjaga marwah pimpinan dan j harus mengawal pimpinan agar tidak terkena kasus hukum. Ini adalah pegawai yang baik,” ujar beliau.

Beliau juga mengharapkan seluruh ASN saling mendukung satu sama lain secara professional. “Saling menguatkan dan jangan malah saling sikut menyikut dan saling menjatuhkan,” harap beliau.

Terkait mutasi, rotasi, dan pengangkatan jabatan atau promosi ASN harus melalui uji kompetensi agar proses mutasi, rotasi, dan promosi ASN dilakukan seadil dan setransparan mungkin. Ini adalah bagian dari upaya menjaga integritas dan marwah Kementerian Agama. Setiap tahapannya harus dipastikan sejelas mungkin. Prinsip promosi adalah keterbukaan dengan menjaring kandidat sebanyak mungkin berdasarkan pemenuhan persyaratan kompetensinya sesuai peratuuran perundang-undangan. Rotasi, mutasi, dan promosi adalah hal yang wajar, wajib, dan sudah ritual dalam sebuah instansi atau lembaga sebagai bentuk penyegaran dan bukan suatu hukuman. Karena sudah wajib masing-masing ASN dipindah-pindah dan tidak mungkin seorang ASN hanya bertahan pada satu jabatan atau tempat berdasarkan Undang-Undang. Dan hal ini sudah disetujui oleh seluruh ASN dalam sumpah PNS nya.

Termasuk beliau juga mengingatkan agar dalam memberikan hukuman disiplin kepada ASN harus diterapkan dengan prinsip keadilan dan kebenaran. Hukuman atau punishment yang diberikan harus sesuai dengan prosedur dan menerapkan prinsip adil sesuai pelanggaran yang diperbuat oleh yang bersangkutan. “Harus diteliti dan dikaji aspek pemenuhan sanksi yang diberikan kepada ASN tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku,” sebut beliau.



Sumber : Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi