Kabid Penais Ingatkan Penceramah Agama Pentingnya Hal Berikut

Diposting pada: Kamis, 03 Desember 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, A. Rahman Sayuti menyebutkan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan penceramah dalam menyampaikan pesan dakwahnya. Ini disampaikannya pada gelaran Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Penceramah Agama pada Senin (30/11) di salah satu hotel di bilangan pasar kota Jambi.

Di hadapan 50 penceramah agama utusan dari beberapa Organisasi Masyarakat Islam dan Lembaga Islam provinsi Jambi, beliau menyebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Pertama adalah penguasan materi dakwah yang akan disampaikan. Naskah ceramah harus dipersiapkan sematang mungkin oleh penceramah agar penyampaiannya sistematis dan tepat sasaran. Dengan demikian, seorang penceramah harus serius dalam menyampaikan pesan dakwah, dimana pesan yang disampaikan harus relevan dan mampu dipahami.

“Minimal sehari sebelumnya sudah disiapkanlah agar paham apa yang disampaikan. Jangan nanti di tengah acara kehabisan bahan dakwah. Hal itu banyak terjadi pada penceramah karena tidak siap Pesan yang disampaikan harus berbobot dan tidak mengada-ada. Tidak hanya sekedar ucapan, namun ada bahasa pesan yang mampu menyentuh umat.," ujarnya.

Dalam upaya pemenuhan kompetensi pengetahuan penceramah ini, seorang penceramah dituntut untuk terus meningkatkan berbagai aspek ilmu pengetahuannya dari berbagai literasi, baik buku, media online/elektronik, dan lain-lain. “Terus bekali diri dengan ilmu pengetahuan,” serunya.

Ilmu pengetahuan dimaksud juga termasuk ilmu teknologi agar para penceramah mampu beradaptasi perkembangan zaman dan dapat masuk para kaum milenial. Hal ini juga berkaitan dengan hal penting kedua yang perlu diperhatikan oleh penceramah, yaitu strategi penyampaian dakwah.

Terutama di masa pandemi covid-19 ini, penceramah dituntut untuk tetap produktif. Oleh karena itu, dalam menyampaikan pesan dakwah, penceramah dapat memanfaatkan media digital, seperti youtube, media sosial, dan lain-lain dalam berdakwah. “Jadi, tanpa tatap muka, pesan dakwah tetap sampai dengan ruang jangkau yang lebih luas,” sebutnya.

Dalam strategi dakwah ini juga perlu dipikirkan kreativitas dan inovasi dalam berdakwah, dengan gaya baru yang mungkin belum pernah digunakan oleh orang lain sebelumnya. “Jadi harus terus dikreasikan, jadi penceramah itu ditunggu-tunggu umat,” tuturnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh penceramah adalah pemahaman tentang pendengar (audience) selaku objek ceramah. Penceramah harus menyesuaikan materi ceramah dengan pendengar yang akan menerima pesan dakwahnya, sehingga pesan dakwah tersebut tepat sasaran.

Perlu diperhatikan juga etika penceramah. Seorang penceramah harus menjaga sikap dan perilaku sesuai dengan tata karma dan norma kesopanan sebab penceramah menjadi contoh dan teladan oleh umat. “Termasuk menjaga ucapan dan tindakan agar tidak menyinggung orang lain.” sebutnya.

Penceramah juga harus menjaga penampilan karena mata umat tertuju padanya ketika mendengarkan dakwah. Dengan demikian, penceramah harus memperhatikan etika berbusana yang dapat menunjang penampilannya. “Penceramah harus bisa menyesuaikan kostum yang digunakan sesuai dengan acara tersebut,” jelasnya.



Sumber : Bidang Penais dan Zawa

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi