Ka.Kanwil Ajak Penceramah Agama Dukung Program Nasional Kemenag

Diposting pada: Selasa, 01 Desember 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad mengajak para penceramah agama Islam untuk turut mendukung dua program utama Kementerian Agama saat ini, yaitu Moderasi Beragama dan Penguatan Pertahanan Rumah Tangga yang terus meneruskan digalakkan oleh jajaran Kementerian Agama. Hal ini disampaikan Ka.Kanwil dihadapan para peserta Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Penceramah Agama Islam tingkat Provinsi Jambi..

Ka.Kanwil mengatakan bahwa sudah menjadi kewajiban jajaran Kementerian Agama untuk terus-menerus menggaungkan mengenai moderasi beragama sebagai bagian dari program nasional Kementerian Agama. Sesuai dengan pernyataan yang mendasar bahwa bangsa ini lahir dari sebuah perbedaan, maka hiduplah dalam perbedaan tersebut. Moderasi beragama lebih mengedepankan hak-hak seorang dalam memilih dan hidup dalam agama pilihannya. Dalam moderasi beragama harus terbuka ruang bagi penganut agama lainnya. Moderasi beragama akan menciptakan umat-umat yang moderat. Umat moderat adalah umat yang tidak mengedepankan paham agamanya sendiri, namun paham dalam memaknai adanya perbedaan tersebut.

“Bagiku agamaku dan bagimu agamamu. Segala perbedaan tersebut jangan menjadi persoalan. Jangan perdebatkan hal-hal yang tidak pada tempatnya atau hal-hal yang sebenarnya tidak melanggar prinsip agama," kata Ka.Kanwil, Senin (30/11).

Pada dasarnya moderasi beragama tidak bertentangan dengan nilai-nilai ajaran agama. “Kita boleh meyakini keyakinan agama kita masing-masing dan memang itu sebuah keharusan untuk memahami, meyakini dan mengamalkan ajaran agama masing-masing, namun setiap umat beragama dituntut dapat hidup berdampingan dengan penganut agama lainnya”, ujar Ka.Kanwil.

Ka,Kanwil mengajak para penceramah agama untuk memberikan pemahaman-pemahaman yang menghargai adanya perbedaan guna menyatukan intern dan antar umat beragama.

Program Nasional Kementerian Agama lainnya yang juga harus didukung oleh para penceragama agama Islam adalah Penguatan Pertahanan Rumah Tangga. Hal ini juga harus diperhatikan adalah makin meningkatnya angka perceraian di Indonesia, termasuk di provinsi Jambi. Jika kita melihat data di pengadilan agama, memang cukup mencengangkan dengan makin maraknya peristiwa perceraian.

Angka perceraian yang semakin meninggi membuat seolah-olah keberadaan Kementerian Agama tidak berperan serta terkait hal tersebut. Padahal, dalam hal ini Kementerian Agama terus berupaya mencarikan solusi dalam upaya menekan angka perceraian dengan terus menggaungkan penguatan ketahanan rumah tangga.

Ka.Kanwil percaya bahwa para penceramah akan mampu turut serta dalam mensukseskan program Kementerian Agama tersebut. Perlu disampaikan oleh para penceramah agama Islam adalah mengenai penguatan ketahanan rumah tangga mengingat semakin tingginya tingkat perceraian tersebut.

“Saya minta tolong Bapak/Ibu untuk bantu Kementerian Agama dalam menjaga ketahanan rumah tangga yang ada di masyarakat,” ajak Ka.Kanwil.

Ketahanan rumah tangga ini akan memiliki dampak yang luar biasa, terutama bagi keturunan dalam keluarga tersebut sebagai generasi penerus. “Perlu disiapkan generasi yang lebih banyak mensyukuri hidup dengan mengendalikan hawa nafsu. Perlu diingatkan kepada pasangan dalam rumah tangga untuk selalu siap menghadapi segala persoalan yang ada,” sebut Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil juga mengajak para penceramah agama saling bersinergi dengan Kementerian Agama dalam menyukseskan 2 program utama tersebut. “Saya ajak Bapak/Ibu menemukan instrument-instrumen atau pola-pola yang perlu dikedepankan bersama-sama untuk menyukseskan dua program tersebut. Ini akan menjadi pahala yang luar biasa," tukas Ka.Kanwil.



Sumber : Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi