Utamakan Kepentingan Umat, Ka.Kanwil Ingatkan Pentingnya Penguatan Kompetensi Penceramah Agama

Diposting pada: Selasa, 01 Desember 2020
Foto

Jambi (Humas) --Setelah sebelumnya digelar Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Penceramah Agama Islam tingkat provinsi Jambi untuk angkatan pertama beberapa waktu lalu, maka Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf kembali menggelar bimbingan teknis serupa bagi angkatan kedua pada Senin (30/11).

Dipusatkan di salah satu hotel di bilangan pasar Jambi, bimbingan teknis angkatan kedua ini ditujukan kepada 50 orang peserta yang terdiri dari utusan Organisasi Masyarakat Islam atau lembaga dakwah tingkat provinsi Jambi dan dibuka langsung oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad.

Bimbingan teknis untuk angkatan kedua ini akan dilakukan selama dua hari secara full board atau tanpa menginap, yaitu tanggal 30 November dan 1 Desember 2020 dengan mengangkat tema Dakwah Bil hikmah.

Sebelum materi disampaikan oleh para nara sumber, maka dilakukan terlebih dahulu pre test untuk mengukur pemahaman dan kemampuan peserta mengenai tugas dan fungsinya sebagai penceramah agama. Dan akan kembali dilakukan post test pada hari kedua, setelah semua materi disampaikan untuk kembali mengukur pemahaman peserta mengenai materi-materi yang telah disampaikan sebagai bentuk penguatan kompetensi para penceramah agama Islam di Provinsi Jambi.

Kepala Bidang Penais dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, A. Rahman Sayuti, S.Ag menyampaikan dalam laporannya bahwa bimbingan keknis ini dimaksudkan untuk memberikan jaminan terhadap pelayanan bimbingan agama kepada umat Islam melalui para penceramah yang diakui kompetensinya. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan dan menguatkan kompetensi penceramah dari aspek materi maupun metodologi dakwah.

Para penceramah agama bertugas untuk menyampaikan nilai-nilai dan norma-norma agama dan menyatukan umat. Para penceramah bertanggung jawab menyampaikan pesan-pesan dakwah yang menyejukkan umat.

“Jangan justru menyampaikan pesan-pesan dakwah yang bersifat provokasi, mengandung unsur keinginan atau kepentingan pribadi, golongan, atau kelompok di dalamnya,” tegas Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil mengajak para penceramah agama Islam mengembangkan kompetensi dengan terus kreatif dan berinovasi dalam menyampaikan ceramah agama.

“Misalnya buka ruang literasi ceramah agama atau tanya jawab melalui video di youtube sehingga ruang lingkup ceramahnya semakin luas, Konten-konten di youtube menjadi hal kekinian yang dapat dimanfaatkan,” ujar Ka.Kanwil.

Selain itu, para penceramah agama dapat memanfaatkan kelebihan yang dimilikinya dalam memberikan nuansa baru dalam ceramah tersebut. “Contohnya, ceramah dapat diselingi dengan nyanyian jika suaranya bagus, atau diberikan nuansa komedi, dan lain-lain,” sebut Ka.Kanwil.

Bagaimanapun penceramah agama harus dikuatkan kompetensinya melalui berbagai pembinaan agar keberadaan penceramah agama kuat di tengah-tengah masyarakat sebagai pihak yang mengurus kepentingan umat. Jika kompetensi penceramah agama tersebut sudah bagus, maka kepentingan umat dapat diurus dengan baik. “Jika tidak ada penceramah agama, maka siapa lagi yang akan mengurus kepentingan umat,” tegas Ka.Kanwil.



Sumber : Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi