Ka.Kanwil Ingatkan 3 Fungsi Penyuluh Agama Islam

Diposting pada: Jumat, 27 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Penyuluh Agama Islam mempunyai 3 fungsi, yaitu informasi dan edukatif, konsultatif, dan advokatif. Hal inilah yang diingatkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad dihadapan para Penyuluh Agama Islam dan Tim Penilai Angka Kredit Penyuluh pada Pembinaan Tim Penilai Angka Kredit Penyuluh Agama Islam belum lama ini.

Sebagai fungsi informasi dan edukatif, Penyuluh Agama Islam memposisikan dirinya sebagai da’i yang berkewajiban mendakwakan Islam, menyampaikan penerangan agama dan mendidik masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Sunnah Nabi.

Penyuluh Agama Islam berkewajiban memberikan pemahaman, penerangan, dan pengarahan kepada masyarakat dalam bidang keagamaan maupun kemasyarakatan agar masyarakat mengerti mengenai ajaran agama Islam untuk kemudian didorong agar ajaran agama tersebut dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Penyebaran informasi, komunikasi, edukasi, dan motivasi baik secara lisan maupun tulisan sangat penting sebagai bentuk penyuluhan kepada masyarakat sehingga muncul pengetahuan dan pemahaman yang kuat mengenai agama Islam, termasuk dorongan agar masyarakat memiliki kemauan untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan bidang keagamaan.

Fungsi kedua adalah fungsi advokatif, yaitu melakukan kegiatan pembelaan, pendampingan masyarakat dari segala bentuk kegiatan yang akan merusak iman dan aturan/tatanan agama, dalam hal ini, seorang penyuluh harus bersifat responsif sebagai penangkal isu-isu miring, tanggap dengan keadaan dan tindakan provokatif yang meresahkan masyarakat dan dapat merusak tatanan dan memecah belah umat Islam. Disinilah penyuluh menjadi garda terdepan dalam menjaga persatuan umat Islam.

Selanjutnya, fungsi konsultatif Penyuluh Agama Islam adalah memberikan solusi atas masalah yang dihadapi umat, terutama memberikan bimbingan dan konseling atas persoalan hidup yang dialami oleh masyarakat.

Seorang Penyuluh Agama Islam harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, menguasai materi dan pemahaman keagamaan dan wawasan kebangsaan yang memadai, serta menguasai situasi masyarakat di lapangan agar dapat menjalankan ketiga fungsinya tersebut dengan baik. Berdasarkan ketiga fungsi inilah dirinci tugas-tugas pokok Penyuluh Agama Islam.

Pengembangan kompetensi diri sangat penting bagi kemajuan Penyuluh Agama Islam.

“Pengalaman, termasuk berupa kegagalan dan kesalahan dapat dijadikan motivasi untuk membangun kompetensi yang lebih baik. Disiplin berlatih dengan banyak terjun ke lapangan dapat mengembangkan kompetensi. Oleh karena itu, Penyuluh Agama Islam harus keluar dari zona nyaman dengan terus berkreasi dan berinovasi,” seru Ka.Kanwil.



Sumber : Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi