HGN 2020, Ka.Kanwil Ajak Guru Tidak Berdiam Diri dan Terus Kembangkan Madrasah

Diposting pada: Kamis, 26 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H.Muhamad, Rabu (26/11) memimpin upacara puncak peringatan Hari Guru Nasional dilingkungan Kemenag Jambi yang dipusatkan dilapangan upacara MAN 2 Kota Jambi. Ikut serta dalam upacara tersebut Kepala Kemenag Kota Jambi, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah dan sejumlah undangan lainnya, sementara peserta upacara merupakan gabungan guru dari RA Kota, MIN, MTsN 2 dan MAN 2 Kota Jambi.

Bagi Ka.Kanwil, peringatan hari guru menjadi sebuah momentum bagi para guru untuk mengembangkan sekaligus mengevaluasi diri untuk memandang kedepan dalam melakukan berbagai upaya meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing madrasah, termasuk didalamnya daya saing para peserta didik demi mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat sebagai sebuah cita-cita yang mulia.

Madrasah tidak hanya mengembangkan pendidikan keagamaan semata, namun memiliki tujuan terhadap pengembangan sains dan ilmu teknologi agar madrasah semakin berkembang. Oleh karena itu, Ka.Kanwil mengajak para guru untuk terus meningkatkan kemampuan dan terus berinovasi, serta tidak berdiam diri dan melawan keadaan atau tantangan.

“Tanpa upaya dan kemauan guru itu sendiri, maka guru tersebut tidak akan mendapat hasil yang maksimal. Yakinlah bahwa ilmu yang diberikan oleh para guru akan bermanfaat bagi para siswa. Jangan takut untuk mengembangkan diri sebab para siswa membutuhkan guru yang professional dan handal, sebab suatu saat guru tersebut akan menikmati hasil perjuangannya,” ungkap Ka.Kanwil.

Peringatan hari guru pada kesempatan ini yang mengambil tema “Bakti Guru Lindungi Negeri” merupakan momentum yang baik bagi para guru untuk merenung mengenai hal-hal yang harus dilakukan untuk kedepannya agar madrasah memiliki citra positif di tengah-tengah masyarakat.

Ka.Kanwil mengajak para guru madrasah untuk tidak terkekang dan bangun madrasah sebagai lembaga pendidikan yang luar biasa, serta harus siap dalam menghadapi segala tantangan dalam mengembangkan madrasah.

“Mari bulatkan tekad untuk memajukan madrasah sehingga siswa-siswi madrasah memiliki daya saing dan partisipasi aktif yang kelak akan menjadi generasi penerus pemimpin bangsa dan negara. Alangkah indahnya jika suatu ketika alumni madrasah provinsi Jambi suatu saat menempati posisi yang dihormati baik di kalangan pemerintah, swasta maupun di lingkungan masyarakat,” sebut Ka.Kanwil.

Pada kesempatan tersebut, Ka.Kanwil juga meluncurkan Elektronik Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (E-Dupak) yang akan memudahkan para guru fungsional di madrasah dalam mengembangkan karir.

Selain itu, Ka.Kanwil juga menyerahkan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Tingkat Nasional dari Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dan Piagam Penghargaan Walikota Jambi sebagai Pemenag II Lomba Sekolah Sehat Tingkat SMA/MA/SMK se-kota Jambi.

Diserahkan juga piagam penghargaan kepada siswa-siswi madrasah berprestasi baik pada Team Kafilah MAN 2 Kota Jambi pada gelaran MTQ Nasional Virtual Tingkat Pelajar.

Serta diserahkan piagam perhargaan kepada 2 guru pembimbing dari Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) yang berhasil menorehkan prestasi dengan menyabet juara pertama pada bidang Biologi dan Kimia terintegrasi pada Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tingkat Provinsi Jambi.



Sumber : Bidang Pendidikan Madrasah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi