Nazhir Diminta Kelola Wakaf Secara Profesional dan Bertanggung Jawab

Diposting pada: Kamis, 26 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Nazhir memegang peranan yang strategis dalam mengelola dan mengembangkan harta benda wakaf, Nazhir sendiri merupakan pihak yang menerima harta benda wakaf dari wakif untuk dikelola dan dikembangkan sesuai dengan peruntukannya.

Sebanyak 46 orang peserta dari sejumlah Kabupaten/ Kota mengikuti kegiatan pembinaan nazhir yang diselenggarakan Bidang Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf pada Selasa (24/11) yang dibuka langsung oleh Ka.Kanwil, H. Muhamad.

Kepala Seksi Penyuluhan Agama Islam dan Sistem Informasi, H. Pungut Supriady dalam laporannya menyampaikan bahwa pembinaan nazhir ini adalah upaya yang dilakukan oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi yang dimaksudkan guna meningkatkan pemahaman tentang pengadministrasian, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan perlindungan harta benda wakaf, dengan tujuan sebagai berikut :

1. Meningkatkan kualitas, peran dan fungsi nazhir wakaf dalam provinsi Jambi secara profesional

2. Meningkatkan pengetahuan para nazhir wakaf agar mampu mengelola harta wakaf dan memanfaatkannya sesuai peruntukannya

3. Menyamakan visi dan menyatukan persepsi serta menguatkan koordinasi

Ka.Kanwil menyebutkan bahwa pembinaan ini merupakan kapasitas Kanwil dalam upaya meningkatkan pembinaan nazhir wakaf dalam penanganan persoalan wakaf untuk meningkatkan kesejahteraan umat Islam.

“Seseorang mewakafkan sesuatu kepada nazhir baik berupa barang bergerak atau tidak, maka pemanfaatannya untuk kepentingan orang banyak dan usaha sosial masyarakat,” sebut Ka.Kanwil.

Dikatakan Ka.Kanwil, pengembangan wakaf perlu dilakukan secara efektif dan efisien dalam mengelola barang wakaf dalam mengelola kepentingan ibadah dan untuk kesejahteraan umat. Oleh karena itu, dibutuhkan profesionalisme, perencanaan yang matang, keseriusan, kerjasama, dan tanggung jawab para nazhir selaku pengelola, pelindung, dan pengaman harta benda wakaf sebagai pemegang peran strategis perwakafan.

“Potensi wakaf merupakan hal yang sangat penting, maka harus dikelola secara baik sebab pada dasarnya barang tersebut adalah milik orang banyak,” ujar Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil meminta para nazhir harus memahami segala sesuatu mengenai perwakafan sehingga dapat mensosialisasikan persyaratan wakaf secara jelas, termasuk memastikan status tanah atau barang wakaf tersebut.

“Para nazhir harus jeli dan teliti dalam menerima titipan wakaf tersebut agar tidak menjadi permasalahan untuk kedepannya, sebab sudah banyak polemik terkait tanah atau barang wakaf," pinta Ka.Kanwil.

Pada dasarnya para nazhir mengemban tanggung jawab yang besar dalam mengemban tugas untuk melayani masyarakat yang ingin berwakaf karena menyangkut pahala ibadah seseorang yang ingin berwakaf.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah PP) No. 42 Tahun 2006 disebutkan bahwa nazhir berkewajiban untuk melaporkan pelaksanaan tugas kepada Kementrian Agama dan Badan Wakaf Indonesia (BWI).



Sumber : Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi