Ka.Kanwil Ambil Sumpah dan Lantik Jabatan Fungsional 272 Guru dan 4 Penghulu Kemenag Jambi

Diposting pada: Selasa, 24 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Setelah sebelumnya menjalani program induksi pelatihan fungsional guru selama beberapa bulan dalam rangka peningkatan kompetensi guru dan mengajukan Penetapan Angka Kredit (PAK), maka sebanyak 272 guru PNS formasi tahun 2018 di Kementerian Agama Provinsi Jambi diambil sumpah dan dilantik jabatan fungsionalnya sebagai guru fungsional pada Senin (23/11) di aula asrama haji provinsi Jambi juga sekaligus diserahkan sertifikat program induksi pelatihan fungsional guru tersebut.

Pada kesempatan yang sama dilakukan juga pengambilan sumpah dan pelantikan jabatan fungsional kepada empat penghulu PNS formasi tahun 2018 setelah menerima pelatihan penghulu dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemenag RI selama 33 hari pada bulan September hingga Oktober 2020 lalu, dan telah mengajukan Penetapan Angka Kredit (PAK) pengangkatan pertama jabatan fungsional penghulu pada bulan Juli 2020 lalu.

Menurut PP No 16 Tahun 1994 junto Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional PNS yang dimaksud dengan jabatan fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seseorang PNS dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan/atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri.

Meskipun jabatan fungsional tidak secara tegas tercantum dalam struktur organisasi birokrasi pemerintah, namun ditinjau dari sudut fungsinya, jabatan tersebut harus tetap ada untuk memungkinkan organisasi menjalankan tugas pokoknya sarana pengembangan profesionalisme dan pembinaan karier PNS.

Ka.Kanwil, H.Muhamad menyampaikan perlunya para guru dan penghulu yang diambil sumpah dan dilantik jabatan fungsionalnya tersebut dapat menjalankan tugas dan fungsi jabatan sesuai dengan sumpah jabatan yang diucapkan.

Setelah pelatihan fungsional diberikan, Ka.Kanwil, H. Muhamad mengharapkan agar kemampuan, keterampilan, dan kepintaran yang dimiliki oleh masing-masing guru dan penghulu fungsional dapat menggunakannya demi kebaikan bersama untuk kemajuan Kementerian Agama.

“Sekecil apapun kemampuan dan kepintaran pegawai akan selalu dihargai. Yang tidak dihargai adalah kepintaran yang tidak pada tempatnya. Gunakan kepintaran tersebut untuk semakin memperbaiki sistem, jangan malah merusak sistem yang susah payah dibangun,” tegas Ka.Kanwil.

Muammar, penghulu yang turut dilantik pada saat itu mengaku akan berusaha bekerja secara ikhlas dan dengan sebaik-baiknya agar mampu memberikan kontribusi dalam melayani masyarakat sebagai penghulu bahkan berusaha menunjukkan contoh yang baik dalam lingkungan kerja.

“Harapan agar PNS yang sudah disumpah kedepannya memegang teguh sumpah jabatan tersebut, bekerja sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku, menjadi contoh yang baik dalam lingkungan kerja. Ikhlas dalam bekerja dan memberikan kontribusi yang semaksimal mungkin,” ucap penghulu yang melayani di KUA Jelutung ini.



Sumber : Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi