Ka.Kanwil Ambil Sumpah dan Lantik 288 PNS Formasi Tahun 2018

Diposting pada: Selasa, 24 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Sebanyak 288 Pegawai Negeri Sipil (PNS) formasi tahun 2018 di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jambi diambil sumpah dan dilantik sebagai PNS pada Senin (23/11) langsung oleh Ka.Kanwil, H. Muhamad. Kepala Bagian Tata Usaha, H. Julan dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Abd Rahman turut mendampingi sebagai saksi sumpah PNS tersebut.

Bertempat di aula asrama haji provinsi Jambi, acara pengambilan sumpah dan pelantikan PNS tersebut dibagi menjadi 5 sesi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bagi Ka.Kanwil, penting untuk menghadirkan para PNS yang akan disumpah secara langsung mengingat sumpah PNS adalah hal yang sacral yang menurutnya akan berbeda maknanya jika dilakukan secara virtual, sehingga pada akhirnya setelah pernah mengalami penundaan, acara sakral tersebut sukses digelar secara tertib.

Ka.Kanwil mengatakan bahwa sumpah yang diucapkan oleh para PNS tersebut memiliki tanggung jawab yang besar kepada diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara, terutama di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Tanggung jawab atas sumpah ini bukan hanya kepada diri sendiri, namun besar tanggung jawabnya kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Ka.Kanwil.

PNS perlu disumpah dihadapan Tuhan agar PNS tersebut dapat dikuatkan sebagai abdi negara yang dituntut untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai sumpah yang diucapkan selain bahwa pengambilan sumpah PNS ini harus dilakukan berdasarkan aturan. Sumpah PNS inilah yang menjadi pegangan PNS dalam melaksanakan tugas harian hingga akhir pengabdiannya.

“Jadi, ada hukum disiplin yang mengikat ketika PNS mengingkari sumpahnya. Mohon diingat, ketika saudara menerima hukum disipin, maka yang menghukum adalah diri sendiri karena tidak menjalankan sumpah, dan pejabat administrator hanya menjalankan aturan,” ujar Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menyebutkan bahwa di pundak PNS formasi tahun 2018 yang baru saja dilantik, ada sejumlah besar harapan dapat menjadi pelopor perubahan di Kementerian Agama. Apalagi dengan proses perekrutan dan pengangkatan PNS formasi tahun 2018 yang sangat baik sebagai pondasi kokoh bagi PNS itu sendiri.

“Besar harapan saya kepada PNS formasi 2018 ini, jadi bekerjalah dengan sebaik-baiknya. Patuhi sumpah PNS yang telah diucapkan dan jalankan selurus-lurusnya sebagai integritas sebagai PNS,” harap Ka.Kanwil.



Sumber : Sub Bagian Kepegawaian dan Hukum

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi