Kisah Ibu Dahlia, Kepala MIN 1 Tanjab Barat Jambi Jalankan Pembelajaran di Suasana Pandemi

Diposting pada: Selasa, 24 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Pandemi covid-19 yang saat ini tengah melanda, telah mengubah segalanya, salah satunya dunia pendidikan. Praktis pembelajaran harus dijalankan secara jarak jauh, termasuk di MIN 1 Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi.

Sebagai seorang Kepala Madrasah, Dahlia tetap berkomitmen siswa madrasah tetap mendapatkan pembelajaran terbaik dari gurunya di masa pandemi.

“Itu keinginan saya sebagai kepala madrasah, saya harus terus mendukung, dan memastikan agar pembelajaran jarak jauh berjalan dengan baik, salah satunya dengan cara bergabung di setiap grup WhatsApp kelas,” ujar Dahlia yang juga fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation, Jum’at, (20/11).

Bagi Dahlia sendiri, pandemi Covid-19 membawa perubahan terhadap banyak hal, termasuk cara mengajar. Semula guru tatap muka dalam menyampaikan pembelajaran, sekarang berubah dengan menggunakan daring, termasuk di madrasahnya yaitu MIN 1 Tanjung Jabung Barat Jambi.

“Pembelajaran harus terlaksana dan tetap berjalan di tengah pandemi, maka guru harus tetap memberikan layanan pendidikan terbaik kepada siswa melalui daring maupun luring,” tambahnya.

Dahlia meyakini dengan bergabung di setiap grup WhatsApp kelas membantunya memantau pembelajaran tetap berlangsung walaupun tidak tatap muka, dan juga sesekali bisa memberikan informasi, kapan pembelajaran menggunakan zoom.

“Banyak informasi ketika bergabung di WA, seperti informasi siswa tidak memiliki HP untuk zoom, saya sampaikan ke guru tersebut agar menggunakan luring, agar semua siswa terlayani dengan baik pendidikannya,” tukasnya.

Berdasarkan pengalaman Dahlia memimpin madrasah, ada tiga hal yang membuat dirinya mampu mendorong guru untuk tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh.

1. Memanfaatkan WhatsApp untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Sebelum melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), Dahlia mengkondisikan semua wali kelas, mulai dari kelas I sampai kelas VI untuk mempersiapkan belajar dari rumah sesuai anjuran pemerintah.

“Kan memang harus kita persiapkan sebaik-baiknya ya, salah satu media yang familiar adalah WhatsApp, ya kita gunakan, tinggal memperkuat,” ujarnya.

Dahlia memberikan pengetahuan praktis kepada para wali kelas agar dalam pembelajaran daring siswa tetap mendapatkan pembelajaran bermakna sebagaimana pembelajaran tatap muka.

“Wali kelas tetap kita gerakkan ya, tidak bisa ditinggal begitu saja,” tambahnya.

2. Guru mendapatkan pelatihan virtual

Setelah dilanda pandemi, tentu saja rencana pembelajaran diubah, dari tatap muka ke pembelajaran secara virtual. Terutama para guru yang belum familiar menggunakan teknologi.

“Ini kan sesuatu yang tidak bisa kita duga-duga ya, sebagai Kepala madrasah, saya harus mendata guru semuanya agar mendapatkan pelatihan daring, kebetulan madrasah kami menjadi mitra Tanoto Foundation sehingga mendapatkan materi pembelajaran jarak jauh,” katanya.

Selain itu dukungan orangtua siswa dirasakan Dahlia sangat membantu selama pembelajaran dari rumah.

“Coba bayangkan, ketika guru mengajar dari madrasah dan siswa di rumah, orangtua harus mau mendampingi anak, kita harus bersyukur,” tukasnya.

5. Mengunjungi pembelajaran dari rumah

Salah satu peran kepala madrasah yang bisa dilakukan, menurut Dahlia, adalah kerja sama dengan orangtua, seperti mengunjungi pembelajaran dari rumah.

Peran orangtua tidak bisa dihilangkan semasa Covid-19 ini untuk memberikan pendampingan kepada anak dalam pembelajaran di rumah.

"Ini yang penting, saya memberikan pemahaman kenapa kita harus belajar dari rumah. Sehingga ada semangat dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh," pungkasnya.



Sumber : Tanoto Foundation

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi