Gelar FGD, Ka.Kanwil Minta KUA Tingkatkan Pelayanan Publik

Diposting pada: Jumat, 20 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Pentingnya peningkatan pelayanan publik pada KUA Kecamatan merupakan sebuah keharusan seiring perubahan kebutuhan dan kepentingan masyarakat itu sendiri, oleh sebab itu dituntut adanya perubahan kualitas Jabatan Fungsional Umum (JFU) sebagai staf pelaksana layanan publik di KUA.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas layanan KUA, maka Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah menggelar Forum Group Discussion (FGD) Peningkatan Kompetensi JFU Pada KUA Kecamatan di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi pada Kamis (19/11).

Sebanyak 60 staf pelaksana atau yang disebut JFU pada KUA di Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Batanghari mengikuti kegiatan FGD tersebut dengan harapan dapat lebih mengoptimalkan layanan KUA.

Ka.Kanwil, H. Muhamad pada saat membuka FGD tersebut berujar bahwa masyarakat mendatangi KUA karena membutuhkan kepastian terhadap layanan pemerintah. Ada kepastian terhadap standar layanan yang harus dipenuhi dalam memberikan layanan dengan waktu penyelesaian layanan yang tepat pula.

“Dalam sebuah layanan yang baik harus dibuat standar layanan yang jelas. Tanpa standar layanan tersebut, maka KUA tidak bisa menjalankan layanan tersebut. Layanan inilah yang menjadi citra positif atau negatif bagi sebuah lembaga/ instansi penyedia layanan,” sebut Ka.Kanwil.

Pelayanan publik menjadi penilaian tersendiri oleh masyarakat atas kualitas kinerja pemerintah. Layanan inilah yang menjadi citra positif atau negatif bagi KUA sebagai instansi penyedia layanan. KUA adalah bagian dari Kementerian Agama yang disoroti dan diukur oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Mulailah menjadi ASN yang baik dari diri sendiri yang pada akhirnya membangun kinerja yang baik. Dengan kinerja yang baik akan tercipta layanan yang baik. Dan pada akhirnya akan terbentuk kepuasan masyarakat, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat akan meningkat,” tutup Ka.Kanwil.

FGD ini diharapkan dapat memberikan pencerahan mengenai peranan JFU KUA Kecamatan sebagai pelaksana pelayanan publik pada KUA. Diharapkan kedepannya, JFU KUA Kecamatan dapat menjalankan operasional layanan KUA secara profesional dan handal sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.

Ada banyak pelayanan publik yang dilakukan di KUA. Dan banyak kepentingan masyarakat yang bersinggungan dengan KUA. Oleh karena itu, KUA harus KUA harus mengoptimalkan pelayanannya, termasuk dengan meningkatkan kualitas staf pelaksana di KUA sebagai pelaksana pelayanan publik tersebut.



Sumber : Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Kegiatan Bimtek Hisab Rukyat (kemarin) >>> Unduh
  2. Pelaksanaan Anggaran Akhir Tahun 2020 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Rekrutmen Calon Penyuluh Agama Kristen Non PNS TA 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Undangan Sosialisasi Partisipasi Perempuan pada Pilkada Serentak 2020 (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Surat Inventarisasi dan Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN Tahun 2020 (13 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi