Tingkatkan Layanan KUA, Kabag Tata Usaha Ingatkan Hal Ini

Diposting pada: Jumat, 20 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Pelayanan publik ini menjadi semakin penting, karena senantiasa berhubungan dengan masyarakat banyak,yang memiliki keanekaragaman kepentingan serta tujuan. Pada kenyataannya masyarakat dapat langsung menilai kinerja pemerintah berdasarkan kualitas layanan publik yang diterima, salah satunya pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan yang menjadi garda terdepan pelayanan Kementerian Agama kepada masyarakat, ini ditegaskan Kepala Bagian Tata Usaha, H.Julan saat Forum Group Discussion (FGD) Peningkatan Kompetensi JFU Pada KUA Kecamatan, Kamis (19/11).

Julan mengingatkan tentang optimalisasi pelayanan terutama dilingkungan KUA Kecamatan yakni bagaimana pelaksanaan pelayanan kepada publik dapat berjalan dengan baik.

"Jam operasional pelayanan publik harus dipatuhi secara disiplin, Pelaksana layanan harus memperhatikan jam operasional pelayanan publik tersebut agar terlaksana sesuai dengan aturan jam operasional yang telah ditetapkan. “Jangan sampai ada aduan masyarakat yang masuk terkait tidak berjalannya layanan publik sesuai dengan jam operasional yang ditetapkan,” tegasnya.

Selanjutnya adalahh tempat pelayanan publik harus dapat dilihat oleh pengunjung secara mudah.

“Peliharalah KUA sebagai tempat kerja yang nyaman dan kondusif dalam memberikan pelayanan kepada masyakat. Jaga KUA itu baik-baik,” serunya.

Standar pelayanan yang jelas juga harus diperhatikan, seperti persyaratan dan waktu penyelesaian permohonan layanan. Masyarakat datang ke KUA karena membutuhkan kepastian terhadap layanan pemerintah. Informasi secara detail mengenai pesyaratan yang harus dipenuhi untuk sebuah layanan, termasuk penetapan waktu penyelesaiannya.

“Layani masyarakat sampai apa yang mereka butuhkan terpenuhi tepat pada waktunya dan mereka menemukan solusi atas permasalahannya,” pesannya.

Keempat adalah sikap pelaksana layanan publik yang dituntut untuk selalu senyum dan menunjukkan keramah tamahan dan kesopanan kepada masyarakat dengan menyapa masyarakat yang datang kemudian layani dengan baik. “Senyum kepada masyarakat dan layani masyarakat dengan ramah dan sopan,” ajak beliau.

Menurut Julan, pelayanan publik yang diberlakukan perlu menunjukkan kinerja yang efektif. Apalagi saat ini, masyarakat sudah dimudahkan dengan hadirnya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada KUA. Dengan kehadiran PTSP tentunya dapat mempermudah layanan publik dan memangkas birokrasi yang bertele-tele dalam sebuah layanan, termasuk mempersingkat waktu penyelesaian layanan.

"Penting bagi kita untuk memperhatikan tempat pelayanan yang nyaman dan kondusif., perhatikan keindahan dan kerapian KUA sebagai tempat melayani masyarakat, kesemuanya sudah saya sampaikan dan dapat dilaksanakana dengan baik," tandasnya.



Sumber : Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani









Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Kegiatan Bimtek Hisab Rukyat (kemarin) >>> Unduh
  2. Pelaksanaan Anggaran Akhir Tahun 2020 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Rekrutmen Calon Penyuluh Agama Kristen Non PNS TA 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Undangan Sosialisasi Partisipasi Perempuan pada Pilkada Serentak 2020 (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Surat Inventarisasi dan Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN Tahun 2020 (13 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi