Pilkada Serentak Tahun Ini, Ka.Kanwil Ingatkan Netralitas ASN

Diposting pada: Jumat, 20 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad menekankan pentingnya netralitas ASN pada Pilkada serentak yang akan diadakan pada 9 Desember 2020 mendatang, Hal tersebut disampaikannya saat Sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2020 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkerjasama dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi pada Selasa (17/11).

Dihadapan para pejabat eselon III dan eselon IV di aula Kanwil, serta kepada para pejabat di jajaran Kemenag kabupaten/kota, Ka.Kanwil mengingatkan agar para ASN bersikap independen dan tidak terlibat dalam praktek politik. Pedoman mengenai netralitas ASN dalam politik diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 pasal 2 huruf f dimana setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun, dan pasal 12 yang menyebutkan bahwa ASN harus bebas dari intervensi politik.

“Akan ada sanksi disipilin ASN yang akan diterima oleh ASN jika terlibat dalam politik,” ujar Ka.Kanwil.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 42 Tahun 2004, terhadap pelanggaran berbagai jenis larangan kepada PNS dikenakan sanksi moral termasuk jika tidak menjaga netralitas dalam politik sebagai bentuk pelanggaran kode etik ASN. Pelanggaran kode etik selain dikenakan sanksi moral, dapat dikenakan tindakan administratif dapat berupa sanksi hukuman disiplin ringan maupun hukuman disiplin berat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Kita terikat dengan aturan dan aturan itulah yang akan menyelamatkan kita selaku ASN. Aturan itu yang membentuk ASN untuk bersikap,” kata Ka.Kanwil.

Netralitas ASN dalam politik juga perlu dijaga dalam dunia maya atau digital. Ka.Kanwil mengingatkan para ASN bersikap bijak dalam menggunakan media sosial.

“Hati-hati dalam mengupload sesuatu atau update status mengenai hal-hal bernuansa politik, apalagi seolah-olah berpihak pada suatu kepentingan politik. Termasuk memberikan tanda like atau memberikan comment terkait politik,” himbau Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menegaskan agar jangan sampai ada ASN di jajaran Kementerian Agama provinsi Jambi yang tersangkut permasalahan politik dalam Pilkada serentak tahun 2020 ini. “Kita lindungi diri kita agar terhindar dari permasalahan kode etik kedepannya. Mari kita sama-sama menjaga harkat dan martabat diri sebagai ASN,” pesan Ka.Kanwil.

Sebagai warga negara yang baik, Ka.Kanwil mengajak seluruh ASN untuk tetap menggunakan hak pilihnya sebab hak dan kewajiban memilih tersebut dilindungi oleh Undang-Undang. “Inilah hak ASN selaku warga negara Indonesia dan ASN wajib bersuara dengan datang dan turut memilih dengan datang ke TPS,” ajak Ka.Kanwil.



Sumber : Sub Bagian Umum dan Humas

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Kegiatan Bimtek Hisab Rukyat (kemarin) >>> Unduh
  2. Pelaksanaan Anggaran Akhir Tahun 2020 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Rekrutmen Calon Penyuluh Agama Kristen Non PNS TA 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Undangan Sosialisasi Partisipasi Perempuan pada Pilkada Serentak 2020 (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Surat Inventarisasi dan Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN Tahun 2020 (13 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi