Ketua DWP Kemenag Jambi Ingatkan Pentingnya Partisipasi Perempuan Pada Pilkada Serentak Tahun Ini

Diposting pada: Kamis, 19 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Perempuan memegang peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pemilihan umum, dimana kaum perempuan memiliki jumlah yang besar dan potensial untuk dapat menentukan hasil pemilihan tersebut. Saat ini perempuan juga sudah diberikan partisipasi yang lebih besar dalam lembaga penyelenggaraan pemilu, bahkan perempuan pun saat ini sudah ada yang menjadi peserta pemilu.

Oleh karena pentingnya peran perempuan tersebut, maka Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum provinsi Jambi melakukan Sosialisasi Pentingnya Partisipasi Perempuan Pada PilkadaSerentak Tahun 2020 pada Selasa (17/11).

Kegiatan sosialisasi yang diadakan di aula Kanwil tersebut dihadiri oleh pengurus dan anggota DWP Kanwil Kementerian Provinsi Jambi, dan disambungkan secara virtual dengan para pengurus dan anggota DWP Kementerian Agama kabupaten/kota.

Ketua DWP Kanwil, Hj. Warnis Muhamad menyebutkan bahwa perempuan memiliki tanggung jawab untuk menyukseskan dan terus mengawal terselenggaranya pilkada serentah tahun 2020 secara langsung, umum, bebas, dan rahasia, jujur dan adil, aman, tertib, dan bertanggung jawab sesuai tahapan yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Perempuan diharapkan dapat berpartisipasi dalam menyalurkan hak suara pada pemilihan tersebut sebab suara kita dapat menentukan pemimpin daerah untuk 5 (lima) tahun kedepan,” ajakmya.

DWP Kemenag Jambi sudah sepatutnya menjadi contoh, khususnya bagi perempuan-perempuan lainnya mengenai pentingnya partisipasi perempuan dalam menyalurkan suara dalam pemilihan kepala daerah tersebut, terlebih perempuan sudah sepatutnya dapat menjadi contoh bagi keluaarga dan masyarakat.

Warnis mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan oleh KPU pada saat pemilihan nanti.

Sementara itu, anggota KPU Provinsi Jambi, Ahdiyenti menjelaskan bahwa didalam Undang-Undang No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, salah satunya memberikan kesempatan besar bagi kaum perempuan untuk berpartisipasi sebagai penyelenggara pemilu dengan mengharuskan terpenuhinya kuota minimal 30 persen untuk perempuan, namun hingga saat ini keterlibatan perempuan sebagai penyelenggara pemilu masih sangat rendah.

“Sepertinya untuk mencapai kuota 30 persen ini masih sangat susah. Di provinsi Jambi saja hanya baru ada beberapa perempuan saja yang ada di KPU,” ungkapnya.

Dirinya berharap kedepannya akan semakin banyak perempuam-perempuan yang terlibat dalam lembaga penyelenggara pemilu sebagai bentuk pemberdayaan kepada kaum perempuan.



Sumber : DWP Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Kegiatan Bimtek Hisab Rukyat (kemarin) >>> Unduh
  2. Pelaksanaan Anggaran Akhir Tahun 2020 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Rekrutmen Calon Penyuluh Agama Kristen Non PNS TA 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Undangan Sosialisasi Partisipasi Perempuan pada Pilkada Serentak 2020 (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Surat Inventarisasi dan Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN Tahun 2020 (13 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi