Seluruh Elemen Madrasah Diminta Tetap Tingkatkan Kinerja Ditengah Pandemi

Diposting pada: Rabu, 18 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kementerian Agama menunjukkan sikap untuk tetap berupaya meningkatkan kinerja walaupun di tengah pandemi covid-19 ini, termasuk di lingkungan madrasah. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad pada kesempatan saat membuka gelaran Expo ke-7 dan Hari Lahir (Harlab) ke-53 MAN 1 Kerinci pada Senin (16/11) secara virtual.

Untuk peningkatan kinerja inilah, maka Ka.Kanwil mengambil kebijakan untuk tetap memberlakukan bekerja dari kantor (WFO) di tengah situasi pandemi covid-19 ini. Kebijakan WFO ini ditetapkan semata-mata untuk mencapai tujuan Kementerian Agama untuk meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing madrasah.

“Aturan ini dibuat demi kebaikan bersama. Tanpa proses ini, maka madrasah akan sulit meningkatkan mutu dan daya saing dalam dunia pendidikan,” ujar Ka.Kanwil.

Menurut Ka.Kanwil, ditengah pandemi ini pendidikan di madrasah harus tetap berlangsung demi kemajuan pendidikan madrasah. Oleh karena itu, para guru sebagai tenaga pendidik di madrasah sudah seharusnya tetap melaksanakan kegiatan harian proses belajar mengajar, walaupun dengan pola sederhana sekalipun.

“Misalnya, dapat menggunakan video, slide presentasi power point. Jadi, tidak ada guru yang tidak melakukan proses pengajaran yang dilakukan dari ruang kelas masing-masing,” himbau Ka.Kanwil.

Secara berulang kali, Ka.Kanwil menekankan agar para guru madrasah mengoptimalkan media-media yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana proses belajar mengajar dan menginstruksikan agar para kepala madrasah terus mengawasi optimalisasi pelaksanaan proses belajar mengajar di tengah pandemi covid-19 ini.

Dalam memberikan pengajaran, Ka.Kanwil terus menerus menghimbau agar para guru tidak berkerumun dan memastikan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Salah satunya adalah meminta pihak madrasah untuk mengatur ruang kerja guru, memastikan jarak aman dan menghindari kerumunan. Jika rasio jarak aman pada ruang guru tidak memungkinkan, maka dapat menggunakan beberapa ruang kelas sebagai ruang kerja guru sesuai yang tertuang di dalam Surat Edaran Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi Nomor B- 3866/Kw.05.1/3/OT.01.3/10/2020 tanggal 7 Oktober 2020.



Sumber : Bidang Pendidikan Madrasah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Kegiatan Bimtek Hisab Rukyat (kemarin) >>> Unduh
  2. Pelaksanaan Anggaran Akhir Tahun 2020 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Rekrutmen Calon Penyuluh Agama Kristen Non PNS TA 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Undangan Sosialisasi Partisipasi Perempuan pada Pilkada Serentak 2020 (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Surat Inventarisasi dan Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN Tahun 2020 (13 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi