Ka.Kanwil Minta Penyusunan Perencanaan dan Anggaran PHU Berpedoman Pada Renstra

Diposting pada: Selasa, 17 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Penyusunan perencanaan dan anggaran merupakan salah satu hal yang penting bagi penyelenggaraan haji dan umrah, dimana penyusunannya harus tepat sasaran. Untuk itu, Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah menyelenggarakan Konsultasi Perencanaan dan Anggaran PHU pada Kamis (12/11) di salah satu hotel di kota Jambi.

Konsultasi perencanaan dan anggaran tersebut diikuti beberapa Kepala Seksi Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Kepala Seksi PHU Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-provinsi Jambi, Perencana PHU Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-provinsi Jambi, BPK PHU Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-provinsi Jambi, dan Pelaksana Kemenag Kabupaten/Kota se-provinsi Jambi dengan total peserta sebanyak 40 orang. Dan menghadirkan

Kepala Bagian Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Slamet serta tersambung secara virtual dengan Sekretaris Direktorat Jenderal PHU Kementerian Agama RI. H. Ramdhan Harisman,

Dalam laporannya, Kepala Bidang PHU, H. Abdullah Saman menyebutkan bahwa konusltasi ini bertujuan sebagai finalisasi kebutuhan perencanaan dan anggaran PHU tahun 2021 di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi dengan berpedoman pada regulasi dan situasi pada saat pandemi covid-19 ini.

Ka.Kanwil. H. Muhamad menjelaskan bahwa salam perencanaan dan anggaran penyelenggaraan haji dan umrah untuk masing-masing unit kerja berpedoman dan Rencana Strategis (Renstra) masing-masing unit kerja.

“Renstra Kemenag kabupaten/kota merupakan tindak lanjut dari Renstra Kanwil, dan Renstra Kanwil mengacu pada Renstra pusat,” sebut Ka.Kanwil.

Setiap program kerja dan kegiatan harus berpedoman pada Renstra tersebut, termasuk perencanaan dan anggaran penyelenggaraan haji dan umrah yang mengacu pada perencanaan dan anggaran Direktorat Jenderal PHU.

Perencanaan dan anggaran penyelenggaran haji dan umrah yang dijabarkan dari Renstra harus terukur dan dapat dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya.

Jadi, dalam menyusun perencanaan dan anggaran PHU pada kesempatan ini harus sesuai dengan rambu-rambu yang telah ditetapkan.

“Jadi dalam menyusun anggaran harus ada rambu-rambunya dan bukan bersifat spontan karena sudah ada ketetapannya bahwa butir-butir kegiatan yang harus dianggarkan sudah ditetapkan dalam Renstra. Dan Resntra ini sebenarnya merupakan pengusulan dari bawah untuk kemudian ditetapkan di pusat agar mendapatkan alokasi anggaran,” jelas Ka.Kanwil.

Sebuah perencanaan dan penganggaran yang baik akan menggambarkan pelaksanaan kegiatan yang baik pula dengan penerapan fungsi perencanaan yang dipahami dan dimanfaatkan dengan baik. “Dan fungsi perencanaan ini akan menjadi hal yang luar biasa jika bisa dimanfaatkan dengan baik. Dibutukan inovasi dalam sebuah perencanaan,” ujar Ka.Kanwil.

Tugas dan fungsi Kementerian Agama inilah yang dijabarkan ke dalam Renstra, untuk kemudian diuraikan dalam bentuk program-program kegiatan. Hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Renstra harus diperhatikan dengan baik. Dibutuhkan suatu ketelitian dan kejelian dan mengalokasikan anggaran agar tepat sasaran.

“Dan pemanfaatan anggaran Renstra harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan,” tutup Ka.Kanwil.



Sumber : Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Kegiatan Bimtek Hisab Rukyat (kemarin) >>> Unduh
  2. Pelaksanaan Anggaran Akhir Tahun 2020 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Rekrutmen Calon Penyuluh Agama Kristen Non PNS TA 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Undangan Sosialisasi Partisipasi Perempuan pada Pilkada Serentak 2020 (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Surat Inventarisasi dan Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN Tahun 2020 (13 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi