Guru Sekolah Minggu Kristen Didorong Terus Profesional Serta Handal

Diposting pada: Selasa, 17 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Sekolah Minggu Kristen merupakan kegiatan bersekolah mengajarkan pelajaran keagamaan pada anak-anak usia sekolah dasar atau awal menengah pertama yang diadakan pada hari Minggu. Sekolah Minggu merupakan bagian gereja yang penting untuk melayani anak-anak-anak sekolah minggu sebagai generasi penerus gereja itu sendiri. Bimas Kristen Kemenag Jambi menggelar rapat koordinasi bersama dengan beberapa perwakilan para guru sekolah minggu Kristen di Kota Jambi dan Kabupaten terdekat pada Jumat (13/11) di Gereja Tuhan Di Indonesia (GTDI) dalam rangka memberikan energi baru bagi para guru sekolah minggu.

Dihadapan 30 guru sekolah minggu yang hadir pada kesempatan tersebut, Pembimas Kristen, Saroli Waruwu mendorong agar para guru sekolah minggu tidak berhenti menjadi guru sekolah minggu.

“Melayani dalam sekolah minggu adalah pengabdian dan panggilan karena ada suatu ketertarikan dalam pelayanan sekolah minggu tersebut. Pelayanan sekolah minggu adalah sebuah karunia Tuhan sebab tidak semua orang terpanggil untuk bersungguh-sungguh melayani Tuhan, khususnya dalam pelayanan sekolah minggu. Ketika ada ketertarikan, maka akan rasa terpanggil. Setelah terpanggil dan menerima karunia panggilan tersebut, maka jangan berhenti memenuhi panggilan tersebut. Sekali menjadi guru minggu, maka tetaplah menjadi guru sekolah minggu hingga akhir,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan ibadah dan kegiatan sekolah minggu dapat dibuat secara kreatif dan diperlukan inovasi sehingga menjadi lebih menarik agar anak-anak sekolah minggu merasa nyaman dan bahagia dalam sekolah minggu tersebut dan merasa memiliki sekolah minggu tersebut.

“Disinilah diperlukan kreativitas guru sekolah minggu. Misalnya dapat menggunakan video, alat peraga, dan lain-lain,” sebutnya.

Bahkan, para guru sekolah minggu perlu membangun komunikasi dua arah dalam ibadah maupun kegiatan sekolah minggu agar anak-anak sekolah minggu aktif dalam sekolah minggu tersebut, sekaligus untuk melatih anak-anak sekolah minggu untuk secara perlahan menguasai lagu-lagu pujian dan semaik banyak ayat-ayat Alkitab yang dihafal. Dorong anak-anak sekolah minggu agar mampu memimpin doa maupun aktif dalam memimpin nyanyian puji-pujian atau memainkan alat musik untuk mengiringi kegiatan sekolah minggu. “Tetapi, sebelumnya guru sekolah minggu harus terlebih dahulu meningkatkan penguasaan lagi-lagu pujian dan ayat-ayat Alkitab,” ujarnya.

Saroli menegaskan bahwa menjadi seorang guru sekolah minggu bukanlah hal yang mudah. Guru sekolah minggu harus mampu menyampaikan kebenaran firman Tuhan kepada anak-anak sekolah minggu secara benar dengan bahasa-bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak. Hal ini dilatih terus menerus agar guru sekolah minggu tersebut menjadi lebih professional dan handal.

“Biasanya dalam bentuk cerita, kalimat-kalimat penyemangat yang memotivasi. Butuh persiapan yang matang untuk kelancaran sekolah minggu,” ungkapnya.

Dalam sekolah minggu dikelilingi oleh anak-anak sekolah minggu dengan berbagai karakter yang memerlukan kesabaran guru sekolah minggu dalam menghadapi anak-anak sekolah minggu tersebut. Dalam hal inilah diperlukan kesiapan mental seorang guru sekolah minggu agar tetap bersikap bijak menghadapi anak-anak sekolah minggu. Guru sekolah minggu harus peka terhadap psikologis anak-anak sekolah minggu agar anak-anak sekolah minggu merasa dekat dengan guru-guru sekolah minggu.

Pelaksanaan sekolah minggu perlu dievaluasi secara rutin agar sekolah minggu tersebut terus menjadi semakin baik. Dan pengurus sekolah minggu harus bersikap responsif dalam melihat situasi dan kondisi pelayanan sekolah minggu. “Biasanya melalui sermon guru sekolah minggu setiap minggu atau setiap bulan,” jelasnya.

Keberlangsungan sekolah minggu tidak terlepas dari perhatian majelis gereja, baik dari fasilitas sekolah minggu, maupun SDM sekolah minggu itu sendiri dan gereja sebagai wadah pelaksanaan sekolah minggu juga harus memberikan perhatian yang besar kepada berlangsungnya pelaksanaan sekolah minggu tersebut.



Sumber : Bimas Kristen

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Kegiatan Bimtek Hisab Rukyat (kemarin) >>> Unduh
  2. Pelaksanaan Anggaran Akhir Tahun 2020 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Rekrutmen Calon Penyuluh Agama Kristen Non PNS TA 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Undangan Sosialisasi Partisipasi Perempuan pada Pilkada Serentak 2020 (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Surat Inventarisasi dan Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN Tahun 2020 (13 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi