Gelar Rakor Bersama PWKI, Pembimas Kristen Ingatkan Pentingnya Pemberdayaan Wanita

Diposting pada: Senin, 16 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Persekutuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI) sejatinya dibangun untuk memperjuangkan kepentingan kaum wanita Kristen secara khusus. Para pengurus PWKI dipilih untuk bertanggung jawab dalam perjuangan kepentingan kaum wanita Kristen tersebut. Sebagai bentuk pembinaan kepada pengurus PWKI, Bimas Kristen Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menggelar rapat koordinasi dengan 20 orang pengurus PWKI Provinsi Jambi dan Kota Jambi pada Kamis (12/11) di aula Kanwil Kemenag Jambi.

Pembimas Kristen, Saroli Waruwu menyebutkan bahwa saat ini eksistensi para wanita sudah diperhitungkan dengan banyaknya tokoh-tokoh perempuan yang mampu berprestasi sesuai dengan bidangnya. Tentunya eksistensi perempuan pada era saat ini tidak bisa dianggap remeh dan malah sebaliknya sangat penting untuk diberdayakan agar perannya dalam kehidupan nasional dapat lebih diperhitungkan. “Sebut saja, Megawati Soekarno Putri yang pernah menjabat presiden RI dan anaknya Puan Maharani selaku ketua DPR RI, dan masih banyak tokoh perempuan lainnya yang mampu bersaing pada bidangnya masing-masing,” jelasnya.

Dalam dunia pekerjaan, wanita saat ini diberdayakan untuk mampu meraih prestasi setinggi mungkin dalam karirnya. Dan pelan-pelan, wanita saat ini mampu bersaing dengan laki-laki. Namun, tentunya, tanpa melepas dan melupakan tanggung jawabnya sebagai seorang wanita dalam keluarga. Wanita tangguh akan mampu membagi waktunya dalam menjalankan kedua peran tersebut dengan baik

Dalam keluarga, peran wanita sangat besar dalam tanggung jawab menjaga keutuhan dan meyelamatkan keluarga, seperti anak dan suaminya. Wanita memberi teladan dan contoh yang baik di tengah-tengah keluarga, sehingga seorang wanita harus memahami tugas dan tanggung jawabnya dengan baik sebagai seorang wanita. Wanita akan selalu ada untuk keluarganya, terlebih untuk kebutuhan anak-anaknya. Dalam pembinaan keberhasilan anak-anaknya, maka peran wanita sangat penting dalam mendukung keberhasilan anak-anaknya tersebut.

“Dengan demikian, wanita dituntut untuk mampu bersikap bijak dalam kehidupan keluarga, pekerjaan, dan di tengah-tengah masyarakat, bersikap sopan, dan berpikiran sehat dan positif kedepan,” imbuhnya.

Kelembutan dan kebijakan seorang wanita akan menjadi cerminan kehidupan saling mengasihi di tengah-tengah keluarga dan orang lain. Bahkan seorang wanita akan selalu berusaha mendekatkan keluarganya kepada kebenaran akan Firman Allah. Perempuan akan terlebih dahulu mengasihi Allah agar dirinya mampu mengasihi keluarganya dan orang sekitar secara tulus.

“Seorang perempuan harus mampu menjaga dirinya dari tantangan perkembangan zaman agar dirinya dapat menyesuaikan dirinya dengan perkembangan zaman tersebut tanpa terbawa arus perkembangan zaman tersebut. Cara hidup dan pola pikir perempuan memerlukan tanggung jawab dalam memperkuat dan merawat iman sebagai tanggung jawab iman wanita tersebut sebagai manusia ciptaan Tuhan,” lanjutnya.

Persekutuan Wanita Kristen Indonesia di wilayah provinsi Jambi sudah seharusnya menyusun program-program pemberdayaan perempuan dan harus secara aktif memberikan pembinaan dan penganyoman terhadap perempuan Kristen di provinsi Jambi. Dimana pada umumnya dalam setiap gereja ada persekutuan komunitas perempuan di dalam gereja tersebut.

Bimas Kristen pada dasarnya akan selalu mendukung setiap program PWKI yang memperjuangan kepentingan perempuan Kristen di Jambi. “Dalam hal ini sangat diperlukan koordinasi dan kerjasama yang baik antara Bimas Kristen dan PWKI demi kelancaran setiap program yang akan dijalankan. Bimas Kristen berharap agar PWKI dapat berkontribusi yang bermanfaat bagi kemajuan pemberdayaan perempuan Kristen,” serunya.

PWKI juga dapat berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan instansi/lembaga terkait dan pemerintah daerah setempat untuk mendukung program kerja PWKI dalam pemberdayaan perempuan.



Sumber : Bimas Kristen

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Pemanggilan Peserta Kegiatan Bimtek Hisab Rukyat (kemarin) >>> Unduh
  2. Pelaksanaan Anggaran Akhir Tahun 2020 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Rekrutmen Calon Penyuluh Agama Kristen Non PNS TA 2021 (5 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Undangan Sosialisasi Partisipasi Perempuan pada Pilkada Serentak 2020 (12 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Surat Inventarisasi dan Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN Tahun 2020 (13 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi