Ka.Kanwil Tekankan Pentingnya Kreavitas dan Inovasi dalam Pengembangan Musik Islam

Diposting pada: Kamis, 12 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Seni budaya khususnya musik bernuansa Islam menjadi salah satu sarana menyampaikan pesan dakwah atau syiar Islam. Dinamika musik yang terus berkembang menuntut para penggiat musik Islami terus berinovasi dan kreatif dalam menciptakan karya seni musik Islam mendukung seni budaya yang menhidupkan kreativitas keindahan sebab pada dasarnya Islam sendiri mencintai keindahan tersebut.

Untuk membina para penggiat seni musik Islam inilah, maka Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Penais Zawa) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menyelenggarakan Pembinaan Group Musik Islami pada Senin (9/11) di salah satu hotel di bilangan Pasar Kota Jambi.

Kepala Bidang Penais Zawa, A.Rahman Sayuti mengatakan bahwa pembinaan group Islami yang diikuti sebanyak 35 peserta yang terdiri dari 30 utusan dari kabupaten kota dan 5 orang utusan dari lembaga seni tersebut diharapkan dapat mengangkat kembali musik Islami yang ada di tengah-tengah masyarakat serta menjalin silaturahmi dan Ukhuwah Islamiyah di antara para musisi musik Islami.

Pada kesempatan tersebut, Ka.Kanwil, H.Muhamad menekankan pentingnya inovasi dan kreativitas seni dalam pengembangan musik Islami agar musik Islami dapat lebih diterima sesuai perkembangan saat ini.

“Era millenial saat ini musik-musik Islami dapat dibuat lebih kreatif dengan menambahkan unsur-unsur kekinian, misal drum, dan lain-lain tanpa menghilangkan ciri khas nuansa Islami dari musik tersebut Zaman menuntut kita untuk selalu berubah mengikuti perkembangan, termasuk musik juga harus mengikuti perkembangan tersebut,” kata Ka,Kanwil.

Musik Islami merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan syiar Islam. Dan dalam kebudayaan Islam, seperti peringatan hari-hari besar seperti Maulid Nabi, maka musik Islami sering digunakan untuk menyemarakkan peringatan tersebut.

“Kreatifitas seni musik Islam dapat dibuat semenarik mungkin dalam peringatan tersebut,” sebut Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil mendorong pelaku seni musik Islami untuk terus melestarikan seni budaya Islam dan terus mengembangkan seni budaya Islam agar dapat memberikan dampak positif bagi syiar Islam di tengah-tengah masyarakat, Seni budaya Islam merupakan warisann sejarah dari para ulama atau tokoh yang berperan dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.

“Jangan berhenti berkarya, berkreasi, dan berinovasi,” seru Ka.Kanwil.



Sumber : Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi