Kemenag Jambi Terus Dukung Ormas dan Lembaga Islam Dalam Perjuangkan Kepentingan Umat

Diposting pada: Kamis, 12 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Sumber daya pengurus organisasi masyarakat atau lembaga Islam yang handal, profesional dan berkualitas sangat diperlukan untuk mencerdaskan umat. Demi terbentuknya kualitas SDM sebagaimana dimaksud tersebut, sebanyak 25 pengurus ormas dan lembaga Islam dari Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Batanghari mengikuti Pembinaan SDM Pengurus Ormas/Lembaga Islam pada Rabu (11/11) yang digelar di salah satu hotel di kota Jambi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kepala Seksi Kemitraan Umat, Publikasi Dakwah, dan Hari Besar Islam, Ahmad Syafrizal menyebutkan bahwa pembinaan yang digelar oleh Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi tersebut dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, pengamalan dan pengembangan nilai-nilai keagamaan, serta merupakan upaya untuk meminimalisir terjadinya kasus atau konflik keagamaan.

Disamping itu, Syafrizal juga menyebutkan bahwa pembinaan tersebut sebagai wujud kerjasama Kementerian Agama Provinsi Jambi dengan ormas dan lembaga Islam untuk membangun semangat dan pengamalan nilai-nilai ukhuwah Islamiyah demi kesatuan umat, serta pesan dakwah yang mencerdaskan umat dapat tersampaikan dengan baik.

Kepala Bidang Penais Zawa, A. Rahman Sayuti mengungkapkan bahwa Kanwil Kemenag Jambi akan selalu mendukung ormas dan lembaga Islam untuk memperjuangkan kepentingan umat. “Dalam hal ini Kanwil setiap tahunnya rutin memberikan bantuan operasional sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap keberadaan ormas dan lembaga Islam.

"Ormas dan lembaga Islam dapat berjalan dengan baik bila para pengurus dapat mengelola manajemennya secara profesional. Ormas dan lembaga Islam harus mengedepankan persatuan dan kesatuan serta kepentingan umat. “Untuk itulah, para pengurus harus memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajemen yang harus terus ditingkatkan,” jelasnya.

Menurutnya, kehadiran ormas dan lembaga Islam harus dapat memenuhi kebutuhan umat sehingga umat Islam tidak merasa ditinggalkan.

“Ada kepentingan orang banyak yang harus selalu dilayani,” imbuhnya.

Pentingnya kehadiran ormas dan lembaga Islam di tengah-tengah masyarakat, maka Kanwil akan fokus secara rutin memberikan pembinaan kepada tokoh-tokoh ormas dan lembaga Islam.

“Kanwil Kemenag akan terus melayani umat dengan tetap terus melakukan pembinaan terhadap tokoh ormas dan lembaga Islam,” pungkasnya.



Sumber : Bidang Penais dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi