Bidang PHU Kanwil Gelar Jamarah Bersama Dirjen PHU Kemenag RI dan Komisi VIII DPR RI

Diposting pada: Senin, 09 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Untuk memperbaharui informasi sesuai dengan fakta kondisi haji dan umrah saat ini, serta memperbaharui informasi mengenai kebijakan-kebijakan terbaru terkait penyelenggaraan haji dan umrah menjadi dasar bagi Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menyelenggarakan kegiatan Jagong Masalah Haji dan Umrah pada Selasa (3/11) di salah satu hotel di Kota Jambi.

Pada kesempatan kegiatan yang menjadi agenda rutin pada hampir setiap tahun tersebut menghadirkan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, dan Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus yang turut ambil bagian secara virtual melalui aplikasi zoom.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad yang membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa Kementerian Agama tengah menyiapkan skema yang harus disusun dengan berbagai kemungkinan dalam penyelenggaraan haji dan umrah tahun 2021 mendatang. “Tentunya ini menjadi PR besar Kementerian Agama,” ucap Ka.Kanwil.

Beliau mengungkapkan bahwa dalam perkembangannya saat ini, pelaksanaan ibadah umrah menjadi salah fokus penting bagi Kementerian Agama.

“Jumlah calon jemaah umrah terdaftar saat ini lebih banyak dari jumlah calon jemaah haji,” sebut Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menyampaikan bahwa kelanjutan ibadah umrah pada masa pandemi covid-19 ini sangat tergantung dari hasil evaluasi dari pelaksanaan ibadah umrah yang baru saja dibuka kembali oleh pemerintah Arab Saudi mulai 4 Oktober 2020 lalu. “Dan tentunya aka nada evaluasi atas hasil pelaksanaan ibadah imrah yang bari secara virtual tersebut

Ka.Kanwil juga mengatakan bahwa dengan penetapan Undang-Undang terbaru tetang Penyelenggaraan Haji dan Umrah akan memberikan rasa optimis bahwa proses pelaksanaan ibadah haji dan umrah akan lebih baik lagi kedepannya.

Saat ini Kementerian Agama RI bersama Komisi VIII DPR RI dan lembaga/instansi terkait lainnya sedang membahas kebijakan-kebijakan yang akan diambil untuk pelaksanaan ibadah haji pada tahun 2021 mendatang. “Akan dibahas mengenai ketetapan biaya haji tahun 2021 termasuk pengkajian terhadap biaya umrah,” ujar Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Arfi Hatim.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ihsan Yunus meminta agar strategi pengelolaan dana haji yang tepat harus dipikirkan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) agar dana haji tersebut dapat bermanfaat bagi kemaslahatan umat. “BPKH harus pikirkan strategi yang tepat dalam mengelola dana haji agar nilai subsidi haji terus meningkat sehingga dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat,” ujar legislator muda asal Jambi tersebut

Komisi VIII DPR RI akan selalu mendukung semua program yang dilaksanakan dalam penyelenggaraan haji dan umrah, dan juga akan terus memperjuangkan aspirasi masyarakat demi penyelenggaraan haji dan umrah yang lebih baik lagi kedepannya.



Sumber : Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi