Pembimas Katolik Ingatkan Pentingnya Penguasaan Teknologi Pada Guru Agama Katolik

Diposting pada: Senin, 09 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Seorang guru, termasuk guru agama Katolik dituntut untuk mampu melakukan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi kekinian, sehingga para guru agama Katolik tidak ketinggalan zaman. Guru agama Katolik seharusnya memiliki kompetensi dalam mengelola kelas dan merancang pembelajaran dengan menyesuaikan diri dengan perkembangan keilmuan dan kecanggihan teknologi digital menarik perhatian para siswa.

Untuk itu Bimas Katolik Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menggelar Pembinaan Kompetensi Pendidikan Agama Katolik Tingkat Dasar Dalam Memanfaatkan Perkembangan Teknologi dan Informasi pada Kamis (5/11) di salah satu hotel di bilangan pasar kota Jambi. Pembinaan tersebut mengambil tema “Melalui Pembinaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Dasar Dalam Memanfaatkan Perkembangan Teknologi dan Informasi, Kita Tingkatkan Kualitas dan Pelayanan Pendidikan Agama Katolik Secara Bijak dan Komunikatif.

Petrus Dhanga selaku ketua panitia menyebutkan bahwa guru agama Katolik tidak bisa menghindar dari perkembangan media teknologi informasi dan komunikasi pada era modernisasi ini, seperti pemanfaatan banyaknya aplikasi media sosial yang bermunculan saat ini sebagai media pembelajaran. Dan tentunya, perkembangan teknologi digital tersebut dapat menunjang komunikasi antara guru dan siswa menjadi lebih efektif. “Perkembangan teknologi digital dapat bermanfaat bagi peningkatan dunia pendidikan,” ujarnya.

“Slide-slide yang menarik atau penyajian video dan film-film yang sesuai dengan materi pembelajaran tentunya dapat manambah daya tarik bagi siswa dalam belajar,” sebutnya.

Petrus menghimbau agar para guru agama Katolik mampu menguasai dan mengendalikan perubahan-perubahan ilmu pengetahuan dan teknologiperkembangan teknologi dan informasi, serta mampu mengantisipasi, mengakomodasi, dan berorientasi terhadap perkembangan yang ada.

Sementara itu, Pembimas Katolik, Gunawan mengingatkan pentingnya para guru agama Katolik untuk terus meningkatkan kemampuan dalam penguasaan teknologi untuk memperkuat pembelajaran.

Beliau menghimbau agar para guru agama Katolik tetap menjaga komunikasi yang baik dengan pihak manajemen sekolah termasuk dengan para guru dan staf di sekolah tersebut demi kelancaran proses pembelajaran.

“Semua dinamika atau hal-hal yang dialami selama proses pembelajaran dapat dikomunikasikan di dalam forum KKG untuk guru tingkat dasar. Jadi sebaiknya semua guru agama Katolik sudah terdaftar dalam keanggotaan KKG,” ajaknya.

“Mari sama-sama mengabdi dalam mengemban tugas negara ini,” himbaunya.

Dengan antusias, 30 peserta yang terdiri dari guru agama PNS dan Non PNS, serta guru agama Katolik tidak tetap se-provinsi Jambi dalam kegiatan tersebut saling berdiskusi dan berbagi pengalaman agar saling menguatkan satu sama lain.



Sumber : Bimas Katolik

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi