Gelar Diseminasi Penundaan Keberangkatan Haji Tahun 2020, Ka.Kanwil Tegaskan Keputusan Tersebut Demi Keselamatan Umat

Diposting pada: Kamis, 05 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Penundaan keberangkatan haji dan umrah pada tahun 2020 ini merupakan penetapan kebijakan penting bagi masyakat, khususnya bagi para calon jemaah haji. Penundaan keberangkatan ini tentunya menimbulkan banyak pertanyaan bagi masyarakat yang perlu mendapatkan kejelasan atau kepastian dari pemerintah. Oleh karena betapa pentingnya penyampaian informasi mengenai penundaan keberangkatan haji ini, maka Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah bersama Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI menggelar kegiatan Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Haji pada Pemberangkatan Ibadah Haji Tahun 1441 H/ 2020 M pada Senin (2/11).

Digelar di asrama haji, pembinaan tersebut diikuti sebanyak 100 peserta yang terdiri dari pejabat eselon III dan pejabat eselon IV serta beberapa ASN di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, beberapa ASN Kementerian Agama Tanjung Jabung Timur, beberapa ASN Kementerian Agama Tanjung Jabung Barat, dan perwakilan dari beberapa pondok pesantren di provinsi Jambi. Turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut adalah Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Subhan Cholid yang tersambung secara virtual melalui aplikasi zoom.

Seperti sebelumnya, Ka.Kanwil menegaskan bahwa dari hasil kajian mengenai pemberangkatan haji memang dibatalkan dengan berbagai pertimbangan, seperti keselamatan jiwa calon jemaah haji.

“Keselamatan jemaah haji diutamakan, Pembatalan haji ini pada dasarnya karena situasi pandemi covid-19 sehingga diputuskan untuk mendahulukan keselamatan umat,” tegas Ka.Kanwil.

Dan terkait dengan jemaah yang tidak berangkat pada pemberangkatan ibadah haji pada tahun 2020 ini, maka Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Muhammad Rakyan Ihsan Yunus memastikan para calon jemaah haji tersebut akan diberangkatkan pada musim haji tahun 2021 (tahun depan). “Jadi, bahasanya seharusnya penundaan bukan pembatalan, karena para jemaah haji tersebut bukan tidak jadi berangkat, hanya ditunda,” sebutnya.

Ihsan menjelaskan bahwa sebenarnya persiapan ibadah haji sudah mulai dipersiapakan sejak awal tahun 2020 lalu.

“Sudah ada kontrak atau MOU dengan pemerintah Arab Saudi terkait fasilitas haji, termasuk konsumsi. Namun, mempertimbangkan kondisi yang terus memburuk, termasuk belum adanya keputusan dari pihak pemerintah Arab Saudi, maka pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama RI memutuskan untuk menunda keberangkatan haji. Apalagi dengan waktu yang sangat terbatas, maka akan sangat beresiko jika pemerintah Indonesia tetap melanjutkan pemberangkatan haji tahun 2020 ini,” jelasnya.

Penundaan haji tahun 2020 ini bukan hal yang perlu dipertentangkan lebih lanjut sebab keputusan ini memang harus diambil.

“Suatu sikap demi keselamatan dimana pemerintah Indonesia mengambil keputusan menunda keberangkatan haji terlebih dahulu baru ada keputusan dari pemerintah Arab Saudi,” ujarnya.



Sumber : Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi