Legislator Senayan Ini, Apresiasi Inovasi Yang Ada di Kanwil Jambi

Diposting pada: Kamis, 05 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Provinsi Jambi, Ihsan Yunus mengapresiasi sejumlah bentuk layanan berupa inovasi yang dibuat Kanwil Kemenag Jambi terutama pada Presensi Online dan Mora Smart Office, hal itu disampaikannya pada acara diskusi yang dihelat oleh Kanwil belum lama ini. Ihsan yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini mengatakan bahwa inovasi dalam sebuah lembaga memang perlu dilakukan dalam rangka mendukung pekerjaan yang dilakukan.

“Saya menghargai apa yang sudah dilakukan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jambi yang sudah meluncurkan 2 karya inovasi. Milenial sekali kedua aplikasi tersebut. Pelayanannya tentu akan lebih baik dengan adanya 2 aplikasi tersebut. Memang saat ini kita tidak boleh canggung dengan tekhnologi kekinian,” ujarnya.

Menurutnya, sebagai contoh aplikasi Smart Office yang dikatakan sistem pelayanan berupa pengajuan, pemrosesan, penandatanganan, dan pengarsipan surat (Layanan) secara online, dilatarbelakangi oleh adanya tantangan kepastian pelayanan masyarakat masa pandemi covid-19 ini, dimana kebutuhan masyarakat sulit terlayani secara tatap muka, maka lahirlah inovasi dan kreativitas dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi agar masyarakat tetap terlayani secara cepat dan tetap walaupun tanpa bertatap muka.

"Saya kira hal ini sangat baik sekali dalam rangka memaksimalkan layanan kepada masyarakat, terlebih di masa pandemi ini sulitnya orang untuk langsung bertatap muka, dan layanan tersebut mudah dikontrol dan dieksekusi dengan cepat" sebutnya.

Ihsan juga melihat sistem aplikasi Presensi Online sangat mudah dioperasikan dimana disitu kombinasi presensi atau kehadiran, laporan kinerja pegawai, data riwayat kesehatan ASN, dimana sistem pengendalian dan monitoring ASN tersebut terintegrasi dalam sebuah sistem absensi secara online.

"Dengan aplikasi Presensi Online Jajaran Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, maka para ASN dapat dipantau langsung oleh pimpinan, baik kehadiran maupun kinerja harian ASN melalui laporan harian ASN tersebut," ujarnya.

Untuk diketahui bahwa kedua aplikasi yang dibangun dari hasil karya inovasi Kanwil Kemenag Provinsi Jambi tersebut merupakan dua karya inovasi yang berhasil masuk nominasi dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pada kesempatan itu juga, Ihsan mengapresiasi kehadiran Humas TV Kanwil yang digunakan sebagai media publikasi kegiatan dan kebijakan Kanwil Kemenag Jambi.

“Publikasi kegiatan sehari-hari dan kebijakan dapat dilakukan melalui internet. Ini hanya baru dipunya oleh Kanwil Kemenag Jambi. Tapi harus sering diupdate. Kalimat-kalimat motivasi yang dapat menyejukkan umat dapat dipublikasi melalui media youtube Humas TV tersebut yang dapat diakses dari mana saja,” sebutnya.



Sumber : Sub Bagian Umum dan Humas

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi