KBIHU Diminta Edukasi Jemaah Patuhi Keputusan Pemerintah Arab Saudi

Diposting pada: Kamis, 05 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) merupakan kelompok pembimbing jemaah haji dan umrah yang pengaturannya sudah tercantum dalam UU No 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Berdasarkan UU No 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah pasal 1 ayat ke 20 disebutkan bahwa Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah yang selanjutnya disingkat KBIHU adalah kelompok yang menyelenggarakan bimbingan Ibadah Haji dan Ibadah Umrah yang telah mendapatkan izin dari Menteri. Pentingnya peranan KBIHU tersebut dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah, maka Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah bersama Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI menggelar Pembinaan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah pada Senin (2/11) dengan mengambil tema “Strategi Bimbingan Ibadah Haji di Masa Pandemi Untuk Mewujudkan Jemaah Haji yang Saleh Pribadi dan Saleh Sosial”.

Bertempat di Asrama Haji, pembinaan tersebut dihadiri sebanyak 100 peserta yang terdiri dari para pejabat eselon III dan beberapa pejabat eselon IV serta beberapa ASN Kementerian Agama Provinsi Jambi, perwakilan beberapa KBIHU provinsi Jambi, perwakilan PPIH pusat dan cabang, dan perwakilan jemaah haji provinsi Jambi.

Dalam UU No 8 Tahun 2019 dalam pasal 53 disebutkan bahwa KBIHU melakukan bimbingan dan pendampingan Ibadah Haji sesuai dengan standarisasi bimbingan dan pendampingan dan hanya ditujukan kepada kepada Jemaah Haji yang memerlukan jasa KBIHU.

Ka.Kanwil meminta agar KBIHU mengedukasi para calon jemaah haji agar tetap menaati semua persyaratan apapun yang akan ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi nantinya terkait pemberangkatan ibadah haji tahun 2021 dan ibadah umrah, termasuk kebijakan-kebijakan yang nantinya ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai tindak lannjut keputusan pemerintah Arab Saudi.

“Antusias para jemaah untuk ibadah haji ternasuk sangat tinggi. Apalagi ibadah umrah, dimana pendaftar jemaah umrah saat ini jauh lebih besar dari jumlah jemaah haji. Dan hingga saat ini Kementerian Agama Provinsi Jambi terus menunggu kebijakan dari pusat terkait kelanjutan ibadah umrah yang baru saja mulai dibuka kembali dan ibadah haji tahun 2021,” kata Ka.Kanwil.

Wakil Ketua VIII DPR RI, Ihsan Yunus menegaskan bahwa Komisi VIII DPR RI sangat mendukung kinerja KBIHU dan Kementerian Agama sesuai dengan amanah yang diemban oleh Komisi VIII, yaitu bela umat. “Harus ada niat dari hati yang tulus, dan sinergi antara KBIHU, Kementerian Agama, Pemerintah, Komisi VIII DPR RI, dan lembaga/instansi terkait lainnya.

“Silahkan mendedikasikan dirinya untuk melayani saudara-saudara kita yang akan menjalankan ibadah haji. KBIHU harus maksimalkan potensi diri. Komisi VIII DPR RI siap mendukung setiap program yang dicanangkan selama itu demi kemaslahatan umat,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Khoirizi menekankan agar KBIHU bukan hanya sekedar memfokuskan pada bimbingan pengetahuan ibadah haji kepada para calon jemaah haji, namun perlu diperhatikan aspek kemandirian dan ketahanan para calon jemaah haji.

“Perlu diterapkan sistem manasik haji sepanjang tahun, sehingga para jemaah haji yang akan berangkat 2 atau 3 tahun kedepan lebih mandiri dalam melaksanakan ibadah haji. Sebab roh ibadah haji pada dasarnya adalah kesempurnaan pelaksanaan haji bukan fasilitas atau sarana prasarana haji tersebut,” ungkapnya.



Sumber : Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani



Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi