Ka.Kanwil Minta Para Muballigh/Muballighah Tingkatkan Kompetensi

Diposting pada: Senin, 02 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Penais Zawa) menggelar Pembinaan Muballigh/Muballighah beberapa waktu lalu di salah satu hotel di kota Jambi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia para muballigh/muballighah tersebut.

Pembinaan tersebut dibuka langsung oleh Ka.Kanwil, H. Muhamad dan diikuti sebanyak 30 para muballigh/mubalighah dari kota Jambi, kabupaten Muaro Jambi, dan kabupaten Batanghari.

Ka.Kanwil, H. Muhamad mengungkapkan bahwa peranan para muballigh/mubalighah sebagai pendakwah sangat penting, dimana kualitas syiar agama Islam juga didasari oleh kompetensi para muballigh/mubalighah.

“Syiar agama Islam juga bertumpu pada kompetensi para muballigh/mubalighah. Dan para muballigh/muballighah ini ditunggu kontribusinya dalam meningkatkan syair agama Islam,” ungkap Ka.Kanwil.

Dan salah satu kontribusi Kementerian Agama dalam upaya meningkatkan kompetensi para muballigh/muballighah adalah melalui penyelenggaraan pembinaan ini.

Ka.Kanwil menekankan agar para muballigh/muballighah menyampaikan dakwah/ syiar Islam dengan menyampaikan pesan-pesan positif yang dapat diterima oleh semua kalangan umat.

“Jangan esensi dakwah yang disampaikan justru menimbulkan polemik yang pada akhirnya memecah belah umat. Namun sebaliknya, sampaikanlah pesan dakwah yang mendamaikan, menyejukkan, dan menyatukan umat,” seru Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menyerukan agar para muballigh/muballighah tidak menyampaikan dakwah berdasarkan pemahaman atau dalil berdasarkan persepsi pribadi, apalagi dalil atau pemahaman yang bersifat ekstrim. Justru para pendakwah adalah sebagai penggerak yang terus bersinergi untuk terus berukhuwah islamiyah yang dimulai dari diri pendakwah itu sendiri terlebih dahulu.

Selanjutnya, Ka.Kanwil meminta agar para muballigh/muballighah produktif dalam menunjukkan perannya sebagai pendakwah.

“Jangan hanya sekedar nama pendakwah, namun tidak ada kontribusi dalam syiar agama. “Harus produktif meenghasilkan karya positif demi kemajuan syiar Islam,” pinta Ka.Kanwil.

“Dan yang terutama adalah para pendakwah tidak semata hanya mementingkan kuantitas dengan berharap mendapatkan pengikut sebanyak-banyaknya, namun terlebih dari itu harus mementingkan kualitas isi dakwah itu sendiri,” pungkas Ka.Kanwil.



Sumber : Bidang Penais Zawa

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi