Bimas Katolik Gelar Pembinaan Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru Agama Katolik Tingkat Menengah

Diposting pada: Senin, 02 November 2020
Foto

Jambi (Humas) --Mengingat pentingnya kompetensi kepribadian dan sosial para guru, maka Bimas Katolik menggelar kegiatan Pembinaan Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru Pendidikan Agama Katolik tingkat menengah pada Selasa (27/10) dengan mengusung tema Melalui Pembinaan Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Menengah, Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Guru Yang Positif dan Berinovatif.

Digelar di salah satu hotel di kota Jambi, pembinaan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi dan diikuti sebanyak 15 guru agama Katolik baik negeri, swasta, maupun guru agama Katolik tidak tetap se-provinsi Jambi.

Ketua panitia, Theresia Ari Sukarni menyampaikan bahwa para guru, termasuk guru agama Katolik adalah pribadi yang akan ditiru dan diteladani para peserta didik karena memiliki karisma dan wibawa yang bertanggung jawab memberikan pemahaman, pengarahan, dan bimbingan dalam dunia pendidikan sehingga pada akhirnya peserta didik mencapai taraf kedewasaan sebagai tujuan akhir proses pendidikan.

Guru termasuk salah seorang pelaku agen perubahan dan agen pembangunan yang dituntut untuk professional serta menggali kemampuan dan kompetensi serta mampu mengaplikasikan kepada peserta didik dalam menjawab tantangan perkembangan zaman yang sangat kompleks. Untuk mencapai peningkatan kompetensi guru dalam menjawab tantangan dalam dunia pendidikan dalam mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual, serta membentuk para peserta didik yang terampil, kreatif, dan mandiri.

Ka.Kanwil, H. Muhamad menyebutkan bahwa salah satu yang menjadi tugas Kementerian Agama melalui Bimas Katolik untuk memberikan pembinan guna peningkatan guru agama Katolik, dalam hal ini tingkat menengah guna membantu para guru agama Katolik menjawab tantangan dunia pendidikan tersebut.

“Dalam peningkatan kualitas pendidikan agama di sekolah adalah salah satu tugas Kementerian Agama sehingga pembinaan inilah yang menjadi salah satu realisasi dari pelaksanaan tugas dan fungsi tersebut,” sebut Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil juga menuntut integritas yang tinggi dari para guru agama Katolik, dimana guru agama Katolik harus mendapatkan kepercayaan penuh dari peserta didik sebagai tauladan para peserta didik tersebut.

“Guru agama Katolik harus terlebih dahulu memancarkan kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai agama, etika, dan budi pekerti sehingga para guru tersebut menjadi cerminan para peserta didik.,” ujar Ka.Kanwil.

Para peserta didik tentunya sangat mengharapkan peranan guru agama yang baik dalam memberikan pemahaman nilai-nilai agama untuk membentuk kepribadian positif dari para peserta didik tersebut.

“Jadi, guru bertanggung jawab memberikan pemahaman yang lurus dan benar mengenai nilai-nilai agama agar pribadi peserta didik tidak menjadi salah. Harapannya perkataan dan perbuataan peserta didik berlandaskan dengan nilai-nilai agama yang benar,” harap Ka.Kanwil.

“Jadi mari para guru agama Katolik membangun kompetensi kepribadian yang positif terlebih dahulu, untuk selanjutnya dapat membangun karakter peserta didik yang positif pula,” tutup Ka.Kakanwil.



Sumber : Bimas Katolik

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi