Kakanwil Dukung KPRK MUI Sosialisasikan Pendidikan Pra Nikah

Diposting pada: Selasa, 27 Oktober 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi sangat mendukung gebrakan yang dilakukan oleh Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia (KPRK MUI) Provinsi Jambi yang berupaya untuk mensosialisasikan Pendidikan Pra Nikah kepada kaum perempuan dan kalangan remaja, khususnya di provinsi Jambi. Hal ini disampaikan oleh Ka.Kanwil, H. Muhamad dalam Webinar Internasional Pendidikan Pra Nikah yang diselenggarakan oleh pengurus KPRK MUI Provinsi Jambi pada Senin (26/10) di aula Kanwil dan diikuti oleh 100 peserta webinar secara virtual yang terdiri dari perwakilan KPRK MUI pusat, perwakilan guru-guru madrasah Jambi, perwakilan mahasiswa UIN STS Jambi dan UNJA, perwakilan pengurus Dharma Wanita Kementerian Agama Provinsi Jambi, perwakilan BKKBN Jambi, perwakilan Pemda Jambi, perwakilan unsureKementerian Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak.dan beberapa mahasiswa dari Malaysia.

Turut menjadi menjadi narasumber dalam webinar internasional tersebut adalah Ketua Jabatan Syariah Islamiyah Kolej Islam As Sofa Malaysia, Amirulhakim bin Ahmad Nadzri yang menyampaikan materi mengenai Pendidikan Pra Pernikahan di Malaysia.

Ka.Kanwil dalam materi yang disampaikannya menyampaikan bahwa pendidikan pra nikah ini sangat perlu dilakukan kepada para remaja dan pemuda/pemudi mengingat angka perceraian di provinsi Jambi terus meningkat.

“Jadi ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menekan angka perceraian di Jambi,” ujar Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil mengatakan bahwa pendidikan pra nikah ini bukan hanya ditujukan kepada pasangan yang akan menikah saja, namun sedari dini sudah perlu disosialisasikan kepada para remaja, pemuda dan pemudi melalui pendidikan di sekolah, perguruan tinggi, lembaga keagamaan, termasuk instansi/lembaga terkait lainnya.

”Sebetulnya sudah dari dulu menjadi tugas pokok Kementerian Agama, namun lembaga atau institusi terkait lainnya juga sangat perlu bertanggung jawab untuk mensosialisasikan pendidikan pra nikah ini,” sebut Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menjelaskan bahwa pendidikan pra nikah sangat perlu disosialisasikan mengingat pentingnya pondasi yang kuat dalam membangun rumah tangga yang utuh, dimana dalam membangun rumah tangga perlu didasari tanggung jawab satu sama lain.

“Tentunya banyak hal yang harus disampaikan terkait pendidikan pra nikah, namun sangat perlu disampaikan kondisi real di dalam rumah tangga. Sampaikan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam membangun sebuah rumah tangga, sehingga mereka kedepannya lebih siap dalam membangun rumah tangga, dan justru tidak sampai menghancurkan rumah tangga itu sendiri,” jelas Ka.Kanwil.

Kegiatan ini adalah salah satu awal terobosan yang sangat baik dan perlu didukung, bahkan sangat diharapkan mencakup jangkauan yang lebih luas untuk kedepannya. Selanjutnya, dapat dikoordinasikan antara Kementerian Agama dan instansi/lembaga terkait untuk saling bekerjasama dalam mensosialisasikan pendidikan pra nikah ini.



Sumber : KPRK MUI Provinsi Jambi

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi