Gelar Pembinaan Kompetensi Guru Agama Katolik, Kakanwil Tekankan Pentingnya Pengembangan Moderasi Beragama

Diposting pada: Selasa, 27 Oktober 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui Bimas Katolikkepmbali menggaungkan moderasi beragama melalui kegiatan Pembinaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Dasar dalam Mengembangkan Moderasi Beragama pada Senin (26/10) dengan mengusung tema Melalui Pembinaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Dasar dalam Mengembangkan Moderasi Beragama, Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Guru yang Moderat, Adil, Positif, dan Bijaksana. Bertempat di salah satu hotel di kota Jambi, pembinaan ini diikuti sebanyak 30 guru agama Katolik negeri, swasta, dan guru agama Katolik tidak tetap tingkat dasar se-provinsi Jambi.

Ketua Panitia, Petru Dhanga menyampaikan bahwa pembinaan kompetensi guru agama Katolikinibertujuan agar para guru agama Katolik semakin dapat meningkatkan kompetensinya dalam mengembangkan moderasi beragama dengan cara pandang, sikap yang positif, serta bersikap adil dan bijaksana. Dalam upaya menjaga kemajemukan Indonesia, khususnya memperkuat pemahaman dan pengamalan toleransi beragama di kalangan generasi penerus bangsa, salah satunya adalah melalui peran guru sebagai tokoh yang mampu meredam konflik dalam kemajemukan dan memberikan pemahaman mengenai kemajemukan agama di Indonesia kepadapesertadidiknya.

Ka.Kanwil, H. Muhamad mengharapkan para guru dapat mengembangkan moderasi beragama, menjaga kebersamaan umat, dan menjaga agar para peserta didik tidak menjadi korban kelompok radikal. “Dalam hal ini guru agama Katolik memiliki peran untuk mencegah paham kekerasan atau radikal melalui penyampaian pemahaman agama yang lurus, baik, dan benar,” jelas Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menjelaskan bahwa dalam menyampaikan moderasi beragama, guru harus memberikan pemahaman yang sesuai dengan kebenaran dan kaidah-kaidah agama, sertanorma-norma berbangsa dan bernegara. “Untuk itu, guru itu harus memahami terlebih dahulu mengenai moderasi beragama itu sendiri. Justru jangan menyampaikan pandangan ekstrim sesuai persepsi sendiri yang dapat memecah belah,” ujar Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil mengajak para guru agama Katolik bersuka cita dalam menyampaikan pemahaman dan pemgamalan nilai-nilai agama kepada pesertadidik. “Secara tidak sadar akan terbentuk pemahaman dan rasa menghargai dari peserta didik terhadap agamanya, maka untuk selanjutnya peserta didik tersebut akan menghargai agama orang lain,” sebut Ka.Kanwil.

“Upaya ini akan dapat meningkatkan kualitas kehidupan beragama yang moderat sesuai tujuan berbangsa dan bernegara, sehingga peran dan kualitas guru harus diperkuat dalam menyampaikan moderasi beragama,” lanjut Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menekankan pentingnya kompetensi guru dalam mengemban tugas pendidikan sebagai bentuk pelayanan, dimana salah satu kompetensi yang diharapkan adalah penyampaian pemahaman moderasi beragama. “Kekuatan besar dari pemahaman nilai-nilai agama menjadi salah satu faktor penting dari kompetensi guru yang moderat dalam mengembagkan moderasi beragama,” jelasKa.Kanwil.

Ka.Kanwil meminta para guru agama Katolik secaraberulang-ulang menyampaikan pemahaman moderasi beragama ini. “Silahkan sampaikan secara berulang-ulang sehingga mampu mendorong para siswa untuk menerapkan moderasi beragama itu sendiri,” seruKa.Kanwil.



Sumber : BimasKatolik

Penulis : SiskaLidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi