Kanwil Gelar Doa Bersama Peringatan Hari Santri Tahun 2020

Diposting pada: Senin, 26 Oktober 2020
Foto

Jambi (Humas) --Peringatan Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 pada tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta merupakan bentuk penghormatan kepada perjuangan para santri dan para kiai melawan penjajahan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dalam rangka peringatan Hari Santri tahun 2020, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menggelar doa bersama pada Kamis (22/10) yang dipusatkan di aula Kanwil. Kegiatan doa bersama tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Kanwil, dan diikuti oleh para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota serta unsur pimpinan Pondok Pesantren secara virtual via zoom. Acara ini juga disiarkan secara langsung melalui Humas TV di kanal youtube Kanwil Kemenag Jambi.

Peringatan hari Santri ini diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Kementerian Agama di seluruh provinsi di Indonesia.

Kakanwil mengharapkan kedisiplinan dan keteladanan sikap para kiai dan seluruh santri melalui sikap dan cara hidup yang menjadi kekhasan para santri itu sendiri.

Dalam sambutan Menteri Agama Republik Indonesia yang disampaikan oleh Kakanwil, H. Muhamad disampaikan bahwa UU No 18 Tahun 2019 Tentang Pondok Pesantren memberikan kepada afirmasi atau penetapan yang positif rekognisi, dan fasilitas terhadap pondok pesantren dalam menjalankan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

Agar UU Pesantren tersebut lebih implementatif, maka Kementerian Agama diberikan mandat untuk menyusun regulasi turunannya berupa Peraturan Presiden dan Peraturan Menteri Agama yang rancangannya sedang dalam tahap harmonisasi dan uji upblik bersama lembaga terkait dan organisasi masyarakat Islam yang diharapkan peratura-peraturan tersebut segara terealisasikan.

Peringatan Hari Santri tahun 2020 ini mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” menggambarkan jawaban dari komitmen bersama di tengah pandemi covid-19 ini dalam mendorong kemandirian dan kekuatan pesantern itu sendiri dalam melewati tantangan pandemi ini.

Senada dengan Kakanwil, Kepala Bidang PAKIS, H. Zeifni Ishaq menyebutkan bahwa dengan tema peringan Hri Santri Tahun 2020 bahwa senantiasa berharap kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar pondok pesantren semakin Berjaya terutama dengan adanya UU No 18 Tahun 2019 Tentang Pondok Pesantren tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil juga meluncurkan aplikasi elektronik Directory Dirjen Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (PAPKIS) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi sebagai media update data dan publikasi data profil Lembaga Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam di lingkungan Kanwil Kemenag Jambi.

Serta disampaikan juga penetapan para pemenag lomba Ajang Prestasi Santri Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2020 yang diselenggarakan untuk menyemarakkan peringatan Hari Santri Tahun 2020 ini.



Sumber : Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi