Ka.Kanwil Serukan Tokoh Lintas Agama Berperan Aktif Jaga Kerukunan Umat Beragama

Diposting pada: Rabu, 21 Oktober 2020
Foto

Jambi (Humas) --Peran aktif tokoh agama ditengah-tengah masyarakat sangat penting sekali menyatukan umat yang berlandaskan aturan dan ketentuan yang berlaku terkait keagamaan, demikian ajakan Ka.Kanwil dihadapan para pengurus FKUB dan tokoh lintas agama pada kegiatan Peningkatan Kapasitas FKUB dan Lembaga Keagamaan Angkatan I Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi di salah satu hotel di Kota Jambi.

"Penyatuan atas kerukunan kehidupan umat beragama, tentu didahului dengan menjaga kerukunan intern umat beragama. “Dahulukan kerukunan di dalam internal umat terlebih dahulu, baru bisa diteruskan dalam menjaga kerukunan antar umat beragama,” kata Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menyerukan agar para tokoh agama selalu menggaungkan semangat moderasi beragama untuk menyatukan umat beragama.

“Sampaikan moderasi beragama, namun terlebih dahulu para tokoh agama harus memahami makna dan tujuan moderasi beragama itu sendiri,” ujar Ka.Kanwil.

Menurut Ka.Kanwil, tokoh agama diharapkan dapat membuat suatu gebrakan baru yang dapat memperkuat moderasi beragama misalnya kegiatan Cinta Mengaji, atau yang lainnya yang dapat menumbuhkan rasa cinta umat pada agamanya. Dengan begitu hati umat menjadi tidak keras dan jauh dari sikap anarkis.

Para tokoh agama dalam konteks moderasi beragama diharapkan dapat menyampaikan pemahaman secara baik dan benar dengan bahasa-bahasa yang mudah dipahami oleh umat beragama itu sendiri. Ajarkan umat beragama untuk memberikan ruang pada perbedaan agama dan menghormati perbedaan agama itu sendiri sebagai pilihan hidup orang tersebut.

“Setelah umat bisa menerima perbedaan, maka pasti kehidupan beragama itu akan aman. Tidak mudah menyalahkan orang lain adalah salah satu bentuk menghormati hak orang lain sebagai bagian dari moderasi beragama itu sendiri,” jelas Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menghimbau agar para tokoh agama mampu menjaga sikap dan perilakunya sebagai tokoh yang diteladani oleh umat.

“Saya yakin tokoh-tokoh agama ini dihormati, disegani dan mempunyai integritas. Tokoh-tokoh yang jaga bicara, dan perilakunya pun diteladani dan menjadi panutan umat,” ucap Ka.Kanwil

“Mudah-mudahan dengan peran tokoh lintas agama, maka kerukunan umat beragama akan semakin kuat. Peran tokoh agama dalam hal ini bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan niat yang baik, maka hasilnya akan baik juga,” pungkas Ka.Kanwil.



Sumber : Sub Bagian Ortala dan KUB

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi