Kanwil Gelar Kegiatan Peningkatan Peran FKUB dan Lembaga Keagamaan Jambi

Diposting pada: Rabu, 21 Oktober 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kerukunan Umat Beragama melalui pelaksanaan moderasi beragama menjadi salah satu fokus perhatian Kementerian Agama. Oleh karena itu, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui Sub Bagian Organisasi Tata Laksana dan Kerukunan Umat Beragama (Sub Ortala dan KUB) menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas FKUB dan Lembaga Keagamaan Angkatan I Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi pada Selasa (20/10).

Bertempat di salah satu hotel di Kota Jambi, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad yang turut dihadiri oleh 30 peserta dari perwakilan FKUB Provinsi Jambi, perwakilan FKUB Kota Jambi, dan perwakilan tokoh agama dari Lembaga Keagamaan Jambi.

Kepala Sub Bagian Ortala dan KUB, Wahyudi Abdul Wahab menyampaikan bahwa kegiatan tersebut menjadi wadah diskusi para tokoh agama terkait peningkatan kehidupan umat beragama bagi masyarakat Jambi.

“Kegiatan ini menjadi wahana diskusi kita mengenai moderasi beragama, pendirian rumah ibadah, langkah-langkah menghindari konflik umat beragama, termasuk adanya Desa Sadar Kerukunan," ujarnya.

Hal tersebut, menurut Wahyudi sudah menjadi tugas FKUB untuk mensosialisasikan dan menggaungkan moderasi beragama dalam upaya kerukunan umat beragama.

"Pemerintah dan masyarakat sangat menunggu kontribusi setiap tokoh agama dalam upaya menjaga kerukunan umat beragama guna kehidupan beragama yang lebih damai dan harmonis," tegasnya.

Kakanwil, H. Muhamad menyampaikan bahwa dengan kehadiran para tokoh lintas agama dapat mengantisipasi segala konflik umat beragama.

“Terutama saat ini menjelang Pilkada yang dikhawatirkan dapat berpotensi memecah belah kerukunan umat. Untuk itulah peran para tokoh agama agar berupaya mengantisipasi kemungkinan tersebut sedini mungkin dengan memberikan kesejukan kepada umat,” kata Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil juga mengajak agar lembaga FKUB untuk turut ambil bagian dalam menyatukan umat. seluruh pengurus FKUB memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan bahwa seluruh umat beragama di Jambi wajib menjaga kerukunan umat beragama.

Kegiatan ini sendiri akan difokuskan pada beberapa angkatan, Angkatan I difokuskan pada Tokoh Lintas Agama. Angkatan II difokuskan pada Perempuan Lintas Agama se-kota Jambi yang diadakan pada Rabu (21/10). Angkatan III difokuskan pada Pemuda Lintas Agama yang digelar pada Kamis (22/10). Dan Angkatan IV akan difokuskan pada Penyuluh Lintas Agama yang akan digelar pada Jumat (23/10).



Sumber : Sub Bagian Ortala dan KUB

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi