Antisipasi Penyebaran Covid di Madrasah, Berikut Langkah Yang Dilakukan

Diposting pada: Jumat, 09 Oktober 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi telah menerbitkan Edaran terkait Penyesuaian Sistem Kerja dan Peningkatan Disiplin Protokol Covid-19 bagi ASN, termasuk di lingkungan madrasah provinsi Jambi. Hal tersebut disampaikan Ka.Kanwil, H. Muhamad dalam Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah secara virtual beberapa hari yang lalu.

Rapat koordinasi tersebut diikuti oleh Kepala Bidang dan jajaran Kepala Seksi pada Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil, Kepala Madrasah se-provinsi Jambi, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten/Kota, dan Ketua Kelompok Kerja Pengawas (POKJAWAS) Kabupaten/Kota secara virtual dan ditayangkan secara streaming langsung melalui Humas TV Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.

Ka.Kanwil menegaskan bahwa Khusus untuk lembaga pendidikan Madrasah diminta untuk mengatur ruang kerja guru, memastikan jarak aman dan menghindari kerumunan. Jika rasio jarak aman pada ruang guru tidak memungkinkan, maka dapat menggunakan beberapa ruang kelas sebagai ruang kerja guru.

“Guru mengajar di ruang kelas masing-masing. Tidak berkerumun di ruang guru. Lakukan proses belajar mengajar online dari ruang kelas dengan pola yang sederhana sekalipun. Saya ingin guru tetap berkarya di tengah pandemi covid-19,” tegas Ka.Kanwil.

Selain itu, Ka.Kanwil juga meminta agar Seluruh ASN pada satuan kerja di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19 (cuci tangan, mengenakan masker/ face shields, pengukuran suhu tubuh, menjaga jarak aman dan menghindari kerumunan). Penerapan protokol Covid-19 akan diawasi oleh Satuan Gugus Tugas Covid-19 pada satuan kerja masing-masing.

Ka.Kanwil menginstruksikan kepada seluruh Kepala Satuan Kerja, wajib melakukan pemantauan/pengawasan mobilitas ASN, mengedukasi, mengevaluasi dan menyampaikan laporan kondisi kesehatan mitra kerja bawahannya setiap akhir pekan hari kerja. Selain dari pada itu, juga melakukan seleksi ketat terhadap pelaksanaan perjalanan dinas dan izin bepergian ke luar daerah domisili. “Para guru dan staf madrasah ditegaskan agar tetap tidak bergerak dari domisili masing-masing. Jangan bepergian ke luar daerah, kecuali keadaan mendesak. Dan jikapun harus berpergian ke luar daerah harus atas izin dari pimpinan masing-masing unit kerja, dan pulang ke madrasah wajib membawa hasil rapid test menandakan yang bersangkutan bersih covid-19,” tegas Ka.Kanwil.

“Kepala madrasah selaku penanggung jawab madrasah wajib mengedukasi, mengevaluasi dan menyampaikan laporan kondisi kesehatan para guru dan staf madrasah sebagai bagian dari tanggung jawab managemen madrasah,” imbuh Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil mengungkapkan bahwa ketegasan tersebut sangpat diperlukan untuk menghindari penyebaran covid-19 di lingkungan Kemenag provinsi Jambi, terutama di lingkungan madrasah dan demi berlangsung proses belajar mengajar yang efektif di madrasah.

“Mari kita laksanakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai guru dan kepala madrasah. Dan mari kita ikhlas melakukan pekerjaan kita. Kita harus bersyukur bahwa kita adalah ASN yang merupakan bagian dari aparat negara, sehingga kita melaksanakan tanggung kawab kita kembali kepada negara,” pesan Ka.Kanwil.



Sumber : Bidang Pendidikan Madraah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Kelulusasn Seleksi Administrasi Inpassing Jabatan Fungsional Penghulu (hari ini) >>> Unduh
  2. Nota Dinas Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada Liburan dan Cuti Bersama Tahun 2020 (hari ini) >>> Unduh
  3. Surat Kanwil perihal Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada Liburan dan Cuti Bersama Tahun 2020 (hari ini) >>> Unduh
  4. Surat Pemanggilan Peserta Pembinaan Muballigh/Muballighah (3 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Ralat Pengumuman Pengangkatan Jabatan Fungsional Penghulu Melalui Inpassing (4 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi