Kontingen Jambi Bersiap Hadapi KSM Online Nasional Tahun 2020

Diposting pada: Senin, 05 Oktober 2020
Foto

Jambi (Humas) --Dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing pendidikan di madrasah terutama pengembangan ilmu pengetahuan, maka Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam November mendatang akan menggelar Kompetisi Sains Madrasah Online tahun 2020 dengan mengambil tema “Memperteguh Akhlak Mulia Kreatif, Inovatif, Berwawasan Kebangsaan, Cerdas, Sehat, Disiplin, serta Memguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”. Untuk tingkat satuan pendidikan masing-masing madrasah, KSMO dilaksanakan tanggal 21 – 30 September 2020.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, melalui Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan, Dedi Irama SIlalahi mengatakan bahwa pemenang KSMO tingkat madrasah ini akan mengikuti KSMO tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada 9 – 10 November 2020 mendatang.

“KSMO Nasional ini diikuti oleh maksimal satu siswa tiap bidang studi dari masing-masing madrasah. Jadi, nanti pemenang dari masing-masing madrasah itulah yang akan mengikuti KSMO tingkat nasional,” ungkapnya.

Dedi menuturkan bahwa peserta KSMO Nasional didaftarkan oleh masing-masing madrasah melalui laman https://ksm.kemenag.go.id/ mulai tanggal 25 September 2020 hingga 23 Oktober 2020.

“Peserta KSMO langsung didaftar oleh pihak madrasah, dan Kanwil tinggal menerima laporannya saja. Saat ini belum bisa dideteksi peserta KSMO Nasional dari Jambi karena pelaksanaan di tingkat madrasah masih berlangsung,” jelasnya.

Adapun bidang-bidang yang diperlombakan untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah Matematika terintegrasi dan Sains IPA terintegrasi. Sedangkan untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) adalah matematika terintegrasi, IPA terintegrasi, dan IPS terintegrasi. Dan untuk tingkat Madrasah Aliyah (MA), yaitu matematika terintegrasi, biologi terintegrasi, fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, ekonomi terintegrasi, dan geografi terintegrasi.

Dedi mengungkapkan, berkaca dari capaian provinsi Jambi dalam gelaran KSM tahun 2019 lalu, Dedi merasa optimis bahwa para peserta KSMO Nasional dari madrasah di provinsi Jambi akan mampu bersaing di gelaran nasional tersebut.

“Saya optimis dengan kekuatan para peserta didik madrasah Jambi. Setidaknya mampu paling tidak meraih medali perak dan perunggu. Bahkan saya optimis bisa meraih emas,” ujarnya.

Perlu diketahui pada gelaran KSM tahun 2019, provinsi Jambi berhasil meraih 3 perunggu yaitu 1 perunggu diraih dari bidang IPS terpadu terintegrasi tingkat MTs, 1 perunggu dari bidang matematika terintegrasi tingkat MA, dan 1 perunggu dari bidang ekonomi terintegrasi tingkat MA.

Ka.Kanwil, H. Muhamad dalam rapat koordinasi virtual bidang Pendidikan Madrasah beberapa waktu lalu juga menyinggung mengenai persiapan madrasah di Jambi dalam menghadapi KSM Online Nasional.

“Persiapkan KSM semaksimal mungkin agar kita bersaing dengan provinsi lain dan berprestasi secara nasional. KSM ini juga dapat menjadi salah satu tolak ukur mutu pendidikan madrasah kita. Nanti kita evaluasi pencapaian di madrasah kita,” himbau Ka.Kanwil.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Abd Rahman meminta agar semua pihak turut mendukung suksesnya gelaran KSM Online tersebut, baik di tingkat satuan pendidikan maupun tingkat nasional.



Sumber : Bidang Pendidikan Madrasah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Kelulusasn Seleksi Administrasi Inpassing Jabatan Fungsional Penghulu (hari ini) >>> Unduh
  2. Nota Dinas Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada Liburan dan Cuti Bersama Tahun 2020 (hari ini) >>> Unduh
  3. Surat Kanwil perihal Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada Liburan dan Cuti Bersama Tahun 2020 (hari ini) >>> Unduh
  4. Surat Pemanggilan Peserta Pembinaan Muballigh/Muballighah (3 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Ralat Pengumuman Pengangkatan Jabatan Fungsional Penghulu Melalui Inpassing (4 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi