Evaluasi Kurikulum Darurat Madrasah, Bidang Penmad Gelar Rakor

Diposting pada: Rabu, 30 September 2020
Foto

Jambi (Humas) --Pasca diberlakukannya Kurikulum Darurat Madrasah dalam rangka menyikapi pelaksanaan belajar dan mengajar terutama di masa Pandemi Covid-19, Bidang Pendidikan Madrasah melakukan sejumlah evaluasi diantaranya menggelar rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Ka.Kanwil yang turut serta diikuti secara virtual Kabid Penmad, dan jajaran, Kasi Madrasah dan operator pada Kantor Kemenag Kabupaten/ Kota se-Provinsi Jambi.

Ka.Kanwil mengatakan bahwa dalam panduan kurikulum darurat masa pandemi covid-19 lebih menekankan pada pengembangan karakter, akhlak mulia, ubudiyah, dan kemandirian siswa.

“Jangan lagi berpedoman pada kurikulum yang lama. Hal ini sebab tidak memungkinkan madrasah menggunakan kurikulum sebelumnya,” kata Ka.Kanwil.

Dalam kondisi darurat, kegiatan pembelajaran tidak bisa berjalan secara normal seperti biasanya, namun demikian siswa harus tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran. Kepala madrasah dan pengawas madrasah harus tetap memastikan agar proses belajar mengajar di madrasah tetap berjalan.

“Yang terpenting adalah, proses belajar mengajar tetap berjalan secara daring,” ujar Ka.Kanwil.

Menurut Ka.Kanwil, kondisi seperti saat ini, cara mengajar secara sederhana pun dapat dilaksanakan sebagai contoh merekam video saat mengajar di kelas seperti menerangkan materi pembelajaran, lalu dikirimkan kepada siswa melalui media komunikasi group kelas.

Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) belum lama ini telah mengeluarkan panduan kurikulum darurat pada madrasah. Kemenag menilai kurikulum darurat ini sebagai solusi terbaik di masa pandemi Covid-19 agar siswa-siswi madrasah tetap mendapatkan hak-haknya.

Kurikulum darurat ini sendiri adalah kurikulum yang disusun dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan pada masa darurat. Satuan pendidikan harus memperhatikan rambu-rambu ketentuan yang berlaku serta kondisi keterbatasan masing-masing satuan pendidikan di masa darurat.



Sumber : Bidang Pendidikan Madrasah

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Kelulusasn Seleksi Administrasi Inpassing Jabatan Fungsional Penghulu (hari ini) >>> Unduh
  2. Nota Dinas Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada Liburan dan Cuti Bersama Tahun 2020 (hari ini) >>> Unduh
  3. Surat Kanwil perihal Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada Liburan dan Cuti Bersama Tahun 2020 (hari ini) >>> Unduh
  4. Surat Pemanggilan Peserta Pembinaan Muballigh/Muballighah (3 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Ralat Pengumuman Pengangkatan Jabatan Fungsional Penghulu Melalui Inpassing (4 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi