Sejak Dini Generasi Muda Budha Ditanamkan Kemandirian dan Disiplin

Diposting pada: Senin, 28 September 2020
Foto

Jambi (Humas) --Pembimas Buddha mendorong anak-anak Buddha agar rajin beribadah ke Vihara guna meningkatkan kualitas hidup anak-anak Buddha itu sendiri. Hal itu diungkapkan oleh Pembimas Buddha, Suratman di hadapan 40 peserta didik Sekolah Minggu Buddha dari berbagai vihara di kota Jambi, dalam kegiatan Pembinaan Karakter Peserta Didik Sekolah Minggu Buddha di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi Tahun 2020 pada Minggu (27/9).

Suratman berharap agar secara perlahan para siswa Buddha dapat mengatur aspek kehidupannya secara mandiri sebagaimana para siswa Buddha tersebut ingin diakui oleh orang lain. Termasuk memiliki daya juang yang tinggi dengan kesungguhan untuk mencapai cita-cita. “Hidup itu pilihan, dan ketika kita sudah memilih sesuatu, maka perjuangkan untuk menggapai pilihan tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, gaya hidup menjadi salah satu penentu pilihan hidup seseorang. “Setiap orang diberikan kebebasan penuh untuk memilih gaya hidup sesuai kebiasaannya. Pilihan inilah yang akan membuat kita diakui oleh orang lain sesuai dengan cirri khas gaya hidup kita,” jelasnya.

Oleh karena itu gaya hidup positif secara teratur akan membawa dampak positif pula dalam hidup yang tentram dan damai. “Contoh, sebagai siswa yang suka menunda menyelesaikan tugas sekolahnya maka siswa tersebut akan kalang kabut sendiri menyelesaikan tugasnya,” sebutnya.

Untuk itu, beliau mengajak para peserta didik Sekolah Minggu Buddha untuk melatih diri agar hidup teratur sehingga menjadi kebiasaan hingga dewasa nanti untuk membangun kehidupan dan masa depan yang lebih baik. “Pasti anak-anak sendiri yang akan merasakan manfaatnya kelak,” ucapnya.

Suratman melanjutkan bahwa kunci sukses adalah kemauan untuk terus belajar dan semangat juang yang tinggi. “Segala sesuatu dapat diraih dengan kemauan untuk terus belajar. Jangan mengeluh dan tetap bersemangat dalam memperjuangkan cita-cita. Tidak mudah tapi tidak ada yang tidak mungkin,” serunya.

Suratman juga mengajak para peserta didik Sekolah Minggu Buddha untuk secara mandiri mengurus keperluannya dan mengatasi kepentingannya sendiri sesuai kemampuan, serta mengatur waktu secara tepat. “Apa yang bisa dikerjakan, ayo kerjakan, Jangan terus bergantung pada orang lain,” dorongnya.

Pembiasaan yang positif tersebut harus dilatih secara teerus menerus sehingga menjadi kebiasaan yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.



Sumber : Bimas Buddha

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi