Ka.Kanwil Dorong Peserta Didik Sekolah Minggu Budha Dalami Ajaran Agama Budha Secara Benar

Diposting pada: Senin, 28 September 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kehadiran Sekolah Minggu Budha adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Buddha, khususnya anak-anak beragama Budha untuk mendapatkan pendidikan keagamaan Buddha secara terjamin.

Dalam rangka menjamin mutu layanan pendidikan keagamaan, Kementerian Agama telah menetapkan peraturan yang mengatur kelembagaan dan program pendidikan keagamaan dalam kerangka sistem pendidikan nasional melalui Peraturan Menteri Agama Nomor 39 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Budha.

Untuk memenuhi hal tersebut, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi melalui Bimas Budha menggelar kegiatan Pembinaan Karakter Peserta Didik Sekolah Minggu Budha di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi Tahun 2020 pada Minggu (27/9) dengan mengambil tema “Melalui Pembinaan Karakter Peserta Didik Sekolah Minggu Budha, Kita Wujudkan Pembiasaan Perilaku Baik Dalam Kehidupan Sehari-Hari”.

Kegiatan yang diadakan sehari penuh tersebut (full day) tersebut diikuti secara antusias oleh 40 anak-anak Sekolah Minggu Budha dari berbagai vihara di kota Jambi dan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad.

Ketua Panitia, Agustinus Ferianto menyampaikan bahwa sesuai dengan Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Nomor 384 Tahun 2020 tanggal 21 September 2020, kegiatan pembinaan Sekolah Minggu Budha ini bertujuan untuk membentuk anak-anak yang berkarakter terhadap ajaran agama Budha, dan menanamkan nilai-nilai ajaran agama Buddha sehingga memiliki mental yang baik dan keyakinan yang kuat terhadap agama Budha.

Ka.Kanwil, H. Muhamad mendorong agar anak-anak Sekolah Minggu Buddha memahami, menghayati, dan meyakini ajaran agama Buddha secara benar.

“Jangan belajar agama hanya sekedar formalitas saja. Yakinlah bahwa ajaran agama dapat menuntun anak-anak sekalian menjadi orang yang baik,” ujar Ka.Kanwil.

Selain itu, Ka.Kanwil mengatakan bahwa karakter positif itu pada dasarnya ingin menyatukan umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara secara harmonis dengan mengambil titik persamaan dari segala perbedaan yang tidak dapat dihindari. “Kita kedepankan persamaan dalam kehidupan umat beragama. Kita semua anak bangsa dan rakyat Indonesia dengan berbagai suku, agama, ras, dan budaya,” ucap beliau.

Pembimas Budha, Suratman mengharapkan agar pembinaan karakter peserta didik Sekolah Minggu Budha ini memberikan manfaat untuk membentuk karakter yang lebih baik bagi anak-anak Sekolah Minggu Buddha. “Jadikan pembinaan ini membentuk karakter anak-anak menjadi positif, dan buang jauh-jauh karakter yang negatif sehingga pembinaan ini berhasil,” harap Suratman.



Sumber : Bimas Buddha

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi