Tantangan di Era Globalisasi, Pembimas Hindu Minta Pemuda Hindu Pertahankan Nilai Agama Hindu

Diposting pada: Rabu, 23 September 2020
Foto

Jambi (Humas) --Globalisasi merupakan fenomena dunia sehingga sangat memiliki pengaruh terhadap setiap aspek kehidupan manusia sebagai fase perubahan yang dialami oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia. Dan sebagai bangsa yang plural dan multicultural, maka negara Indonesia tidak bisa terlepas dari perkembangan arus globalisasi tersebut agar bisa sejajar dengan bangsa-bangsa di dunia.

Pembimas Hindu, I Putu Suratman dalam kegiatan Pembinaan Generasi Muda Hindu Terhadap Pengaruh Globalisasi di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi pada Minggu (20/9) berpesan agar para generasi muda Hindu selalu menjaga diri dari pengaruh-pengaruh negatif globalisasi itu sendiri. “Itulah pentingnya nilai-nilai keagamaan Hindu itu dipertahankan apapun konsekuensinya,” ujarnya.

Dihadapan 32 pemuda-penudi Hindu tersebut, I Putu Suratman mengingkatkan agar para pemuda Hindu sebagai generasi penerus agar terus menjaga dan mempertahankan nilai-nilai agama Hindu agar dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya baik dari Kitab Suci maupun dari media-media yang berkembang, namun dapat dipertanggungjawabkan agar tidak salah pemahaman agamanya. “Kita sebagai generasi muda harus terus menggali kebenaran agama Hindu melalui Kitab Suci Weda dan referensi referensi media lainnya, sehingga nilai-nilai agama Hindu itu tetap terjaga dan lestari sampai pada generasi berikutnya,” pesannya.

“Generasi muda Hindu harus mau terus belajar nilai-nilai agama Hindu sebagai pedoman hidup agar pondasi hidup geenerasi muda itu kuat. Kalau generasi muda Hindu itu lemah, maka lama-kelamaan nilai-nilai agama Hindu itu akan punah,” lanjutnya.

Globalisasi juga menjadikan perkembangan pertukaran pandangan dan informasi dunia, pemikiran, produk dunia, dan berbagai aspek kehidupan dan kebudayaan lainnya, gaya hidup, termasuk perkembangan teknologi yang tidak dapat dihindari. Dalam hal Pembimas Hindu mengajak para pemuda Hindu sebagai generasi muda agar dapat mengambil keputusan yang tepat untuk dirinya dan orang-orang di sekitarnya. “Pemuda Hindu menjadi agen perubahan dalam lingkungan yang memberikan perubahan positif dalam perkembangan kehidupan. Pemuda Hindu menjadi pengendali dalam pergaulan di lingkungan sehari-hari yang memiliki cita-cita menjadi pemimpin masa depan,” pesannya.

Pembimas Hindu menyebtukan ada beberapa peran generasi muda dalam kehidupan globalisasi, antara lain:

1. Menghilangkan gaya hidup instan

2. Memperkuat ideologi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa

3. Membuka diri untuk mMengubah pandangan menuju cita-cita kedepan

4. Tidak membiasakan bernewahan melalui pola penerapan hidup secara sederhana

5. Mencagah kemunduran mental dengan meyakini dan menghayati pemahaman agama Hindu

6. Berperan sebagai penggerak, kreatif, dan inovatif

7. Mempertahankan nilai kemanusiaan dengan sikap peduli, tlong menolong, dan toleransi

8. Menjaga budaya sebagai prioritas tatanan kehidupan masyarakat

“Cintai dan yakini agama Hindu secara benar. Tapi, tetap hormati perbedaan keyakinan agama lain. Inilah bagian dari moderasi beragama dalam era globalisasi. Terbuka dalam ruang perbedaan selama hal-hal tersebut sesuai dengan norma-norma agama,” tutupnya.



Sumber : Pembimas Hindu

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi