Ka.Kanwil Minta Pemuda Hindu Bentengi Diri dari Pesatnya Arus Globalisasi

Diposting pada: Selasa, 22 September 2020
Foto

Jambi (Humas) --Didalam era globalisasi, semua aspek kehidupan masyarakat berubah, bahkan menyentuh kehidupan beragama. Hal inilah yang disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi dalam kegiatan Pembinaan Generasi Muda Hindu Terhadap Pengaruh Globalisasi di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi pada Minggu (20/9).

Bertempat disalah satu hotel di kota Jambi, kegiatan pembinaan generasi muda Hindu tersebut diikuti oleh 32 pemuda-pemudi Hindu di Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi.

Ka.Kanwil, H.Muhamad mengingatkan pentingnya membuka diri dalam perkembangan era globalisasi ini.

“Mau tidak mau, kita harus berubah, membuka diri. Jika tidak membuka diri, maka kita akan tertinggal,” ujar Ka.Kanwil dalam pembukaannya.

Generasi muda dalam era milenial dituntut untuk menerima keterbukaan informasi dri berbagai media.

“Namun, dalam hal ini karakter diri yang bijak diperlukan dalam penyerapan informasi untuk mengimbangi diri dalam menghadapi era globalisasi ini,” kata Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil mengatakan bahwa pentingnya menghadapi pesatnya arus globalisasi ini tidak terlepas dari karakter pribadi yang diperoleh dari nilai luhur, budaya, norma agama.

“Nilai-nilai budaya dan agama inilah yang perlu ditanamkan sejak kecil sebagai modal dan pedoman dalam menghadapi era globalisasi. Hal-hal positif yang sudah ditanamkan orang tua perlu ditanamkan untuk membentuk karakter diri,” kata Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menyebutkan bahwa globalisasi dapat merusak tatanan sistem apabila pribadi tersebut tidak memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai agama. “Nilai-nilai agama inilah yang membentengi diri dari pengaruh negatif pesatnya perkembangan arus globalisasi,” sebut Ka.Kanwil.

Globalisasi sejainya adalah untuk membangun bangsa dan negara. Dan manusia sebagai pelaku globalisasi harus memiliki fikter diri dengan mengamalkan nilai-nilaia agama dan budi pekeri. “Kita harus mempunyai strategi dan cara untuk mengimbangi arus globalisasi itu sendiri,” tutup Ka.Kanwil.



Sumber : Bimas Hindu

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi