Guru Agama Katolik Diminta Efektifkan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19

Diposting pada: Selasa, 22 September 2020
Foto

Jambi (Humas) – Masa pandemic covid-19 ini menjadikan proses belajar mengajar, termasuk pendidikan agama Katolik melalui tatap muka sulit untuk dilakukan. Sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), maka proses belajar mengajar diefektifkan melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring atau online. Menyikapi hal itu Bimas Katolik Kanwil menggelar rapat koordinasi dengan para guru pendidikan agama Katolik di lembaga keagamaan Katolik kota Jambi, Rabu (16/9).

Rapat koordinasi yang dipimpin oleh Pembimas Katolik tersebut diikuti oleh 17 guru Pendidikan Agama Katolik di 3 lembaga keagamaan Katolik di kota Jambi.

Pembimas Katolik, Gunawan menghimbau agar para guru agama Katolik memperhatikan pola pengajaran yang tepat bagi para siswa pada masa pandemi covid-19 tanpa mengurangi kualitas materi nilai agama yang harus disampaikan kepada para peserta didik. “Perlu diperhatikan pola pengajaran pada masa pandemi covid-19 ini,” himbaunya.

“Nilai-nilai agama yang diajarkan kepada siswa inilah yang bisa menentukan kualitas hidup para siswa,” imbuhnya.

Kreativitas mengajar merupakan salah satu aspek penting yang mesti dimiliki oleh guru Pendidikan Agama Kristen dalam menghadapi sistem pembelajaran daring di masa covid-19. Guru Pendidikan Agama Kristen perlu untuk mengembangkan diri terkait guru yang kreatif dalam mengajar pada masa covid-19, termasuk dalam menggunakan media pembelajaran daring, memanfaatkan aplikasi-aplikasi pendukung pembelajaran online kepada siswa agar proses pembelajaran terus berlanjut.

“Pola pengajaran dan pemberian tugas dapat disampaikan secara bervariasi sesuai kebutuhan dan situasi pada proses belajar mengajar secara daring selama masa pandemi covid-19 ini,” ujar beliau.

Gunawan juga menekankan pentingnya para guru pendidikan agama Katolik untuk tetap melengkapi administrasi pendidikan. “Dalam lembaga, para guru agama Katolik bukan hanya sekedar mengajar saja, namun perlu tertib administrasi dan dokumentasi pembelajaran sebagai bukti pelaksanaan proses belajar mengajar,” tegas beliau.

Selain itu, Gunawan juga mengingatkan pentingnya koordinasi dan kerjasama dengan pimpinan paroki gereja Katolik sebagai lembaga keagaamaan Katolik. Termasuk juga koordinasi dan kerjasama yang baik dengan sesama rekan guru agama Katolik demi kelancaran pendidikan keagamaan Katolik itu sendiri.

Gunawan menyebutkan pentingnya evaluasi secara berkala mengenai pelaksanaan pendidikan keagamaan Katolik demi pengembangan dan peningkatan pendidikan keagamaan Katolik. “Rapat koordinasi seperti ini akan lebih sering kita lakukan sebagai evaluasi,” ujarnya.

“Mari kita tingkatkan kinerja kita, terutama untuk masa covid-19 ini, kita dituntut tetap semangat dalam memberikan layanan pendidikan keagamaan bagi para siswa. Pendidikan agama merupakan jantung para siswa bagi pengembangan imannya,” pungkasnya.



Sumber : Bimas Katolik

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi