Ka.Kanwil : Agama Jadi Nilai Utama Bangun Karakter Bangsa

Diposting pada: Rabu, 16 September 2020
Foto

Jambi (Humas) --Karakter bangsa, khususnya karakter para generasi muda merupakan aspek penting dari kualitas para generasi muda yang turut menentukan kemajuan suati bangsa. Salah satu nilai utama yang membentuk karakter bangsa tersebut adalah nilai-nilai agama. Seperti yang tertuang dalam tiga sasaran penting dari Kementerian Agama yakni Pemantapan karakter bangsa, Penguatan moderasi beragama dan Pemantapan ketahanan keluarga yang memiliki hubungan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, demikian yang disampaikan Ka.Kanwil saat membuka kegiatan Pembinaan Karakter Peserta Didik siswa agama Budha belum lama ini.

“Pemantapan katakter bangsa yang bijak dapat menguatkan moderasi beragama dalam menciptakan kerukunan, kedamaian, keharmonisan, yang pada akhirnya akan memantapkan ketahanan keluarga dengan terbentuknya keluarga sejahtera lahir dan batin,” kata Ka.Kanwil.

Agama pada dasarnya mengajarkan kebaikan. Dengan nilai-nilai agama tersebut dapat membentuk karakter manusia yang utuh. “ Ketika nilai-nilai agama kita pahami, hayati, dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari, akan membentuk karakter yang luar biasa," ujar Ka.Kanwil.

Menurut Kakanwil, karakter ini terbentuk melalui nilai-nilai luhur agama, norma, budaya, dan ilmu pengetahuan sebagai aspek penting yang harus dibentuk dan dibina sejak usia dini.

“Sejak kecil dari masing-masing keluarga perlu menanamkan nilai-nilai agama agar terbentuk pembiasaan karakter yang berakhlak mulia. Dalam hal inilah, dibutuhkan peran orang tua untuk membentuk karakter anak-anak sejak kecil sesuai ajaran agama,” sebut Ka.Kanwil.

Dengan adanya penanaman nilai-nilai agama sejak usia dini akan membentuk karakter positif seseorang sebagai landsan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak dari hasil pembiasaan (habituation) yang perlu dipelajari dan dilatih, dan membutuhkan waktu untuk berhasil.

Kakanwil menyebutkan bahwa pembangunan karakter para peserta didik sebagai generasi muda merupakan tanggung jawab orang tua, para guru dan sekolah, masyarakat, dan pemerintah, Oleh karena itu perlu kerjasama dan saling mendukung antara masing-masing komponen tersebut dilaksanakan melalui visi yang jelas (clear vision) dengan penuh komitmen secara konsisten, kesabaran dan kegigihan untuk menciptakan perbuatan-perbuatan baik.

Dalam prosesnya, Kakanwil mengatakan bahwa pembentukan karakter bukanlah hal yang mudah, dimana setiap tahapan dilalui dengan tantangan.

“Bukan hal yang mudah, namun bukan berarti terlalu sulit. Hanya saja harus mau belajar dari pengalaman, “Pembentukan karakter diperoleh melalui proses yang panjang. Teruslah belajar dan selalu berbuat baik sesuai ajaran Buddha,” pungkas Ka.Kanwil.



Sumber : Bimas Buddha

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi