Ka.Kanwil Himbau Para Guru Agama Kristen Terus Tingkatkan Kompetensi Diri

Diposting pada: Senin, 14 September 2020
Foto

Jambi (Humas) --Guru Agama Kristen diharapkan selalu berupaya meningkatkan pemahaman dan wawasannya mengenai nilai-nilai agama Kristen yang dpaat disampaikan kepada anak-anak agar memiliki pengajaran yang benar sesuai ajaran imannya. Untuk itulah Bimas Kristen Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi memandang perlunya melakukan kegiatan Pembinaan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Tingkat Dasar Kota Jambi pada Sabtu (12/3)..

Kegiatan pembinaan Guru PAK tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad dan diikuti oleh sebanyak 30 guru PAK tingkat dasar di kota Jambi.

Roma Lubis selaku ketua panitia menyampaikan bahwa pembinaan guru PAK yang tepat sasaran merupakan modal dasar bagi kelangsungan dan keberhasilan para guru dalam pemahaman pendidikan keagamaan kepada peserta didik, termasuk pematangan mental para peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi kemajuan teknologi dan globalisasi.

Ka.Kanwil, H.Muhamad menyampaikan bahwa kualitas pendidikan agama tergantung dari komptensi para guru PAK, dimana ketika para guru PAK memahami nilai-nilai agama, maka dalam penyampaian materi agama kepada para peserta didik akan lebih berkualitas.

“Jadi, para guru PAK diharapkan dan diwajibkan memahami terlebih dahulu mengenai nilai-nilai agama yang benar,” ujar Ka.Kanwil.

Menurut Ka..Kanwil, kehidupan keagamaan akan semakin baik apabila semua guru PAK ikut bertanggung jawab dalam memberikan pengajaran moral dan spiritual yang benar dan tepat terhadap peserta didik sebagai landasan yang kokoh bagi pembangunan nasional. Para peserta didik diharapkan memiliki pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama yang benar dalam kehidupan sehari-hari demi kemajuan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Ketika guru memberikan pemahaman agama yang salah kepada para peserta didik, maka anak didik akan menghayati bahkan melakukan pemahaman agama yang salah,” lanjut Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menghimbau para guru PAK untuk terus meningkatkan kemampuan dan kompetensinya dalam penyampaian materi pendidikan agama. “Maka guru PAK perlu terus dibina dan diliatih,” sebut Ka.Kanwil.

Terkait pembinaan tersebut, Kakanwil menyebutkan bahwa Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi akan terus melakukan pembinaan kualitas dan kompetensi para guru PAK. Selain itu, para guru juga diharapkan tetap meningkatkan kompetensinya dengan terus belajar dan melatih diri dari berbagai media yang tersedia.

Lebih lanjut, Ka.Kanwil juga menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian Agama menyerahkan salah satu tanggung jawab kepada para guru PAK untuk menyampaikan materi pendidikan mengenai pemahaman moderasi beragama.



Sumber : Bimas Kristen

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani









Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi