Bimas Buddha Gelar Pembinaan Karakter Peserta Didik Bagi Siswa

Diposting pada: Senin, 14 September 2020
Foto

Jambi (Humas) --Generasi muda sebagai penerus bangsa sangat perlu dibentuk karakternya dengan menanamkan nilai- nilai ajaran Buddha sehingga para generasi muda tersebut memiliki karakter dan mental yang kuat, professional untuk menjaga harkat dan martabat bangsa. Oleh karena itu Bimas Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menggelar kegiatan Pembinaan Karakter Peserta Didik Tingkat SLTA di Lingkungan Bimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi pada Sabtu (12/9).

Kegiatan pembinaan karakter peserta didik yang mengambil tema “Melalui Pembinaan Karakter Peserta Didik Tingkat SLTA, Kita Wujudkan Siswa yang Berkarakter dalam Pencegahan Covid-19” tersebut diikuti sebanyak 40 peserta dari siswa tingkat SLTA beragama Buddha di kota Jambi.

Ketua Panitia, Agustinus Ferianto mengungkapkan bahwa pembinaan karakter siswa SLTA beragama Buddha ini merupakan pendidikan dan pelatihan pendalaman dan praktek pelaksanaan Dhamma untuk membentengi diri sehingga tidak terpengaruh oleh media yang semakin terbuka.

“Melalui pembinaan ini diharapkan terbentuk karakter siswa yang berkualitas yang mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dakam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian,” jelasnya.

Kakanwil, H. Muhamad menghimbau agar para peserta didik agama Buddha selaku generasi muda penerus bangsa memahami ajaran agama Buddha dengan benar sehingga memiliki karakter yang sesuai dengan ajaran agama Buddha. “ Dalam ajaran agama Buddha tentunya akan membentuk karakter manusia yang utuh. Jadi, pahami ajaran agama itu secara benar, jangan setengah-setengah,” ujar Ka.Kanwil.

Kakanwil melanjutkan bahwa dengan memahami ajaran agama Buddha secara benar, maka akan terbentuk pemantapan ketahanan keluarga yang damai, harmonis, dan sejahtera.

Menurut Kakanwil, karakter ini terbentuk melalui nilai-nilai luhur agama, norma, budaya, dan ilmu pengetahuan yang harus ditanamkan sejak kecil dari masing-masing keluarga agar terbentuk pembiasaan karakter yang berakhlaj mulia. “Dalam hal inilah, dibutuhkan peran orang tua untuk membentuk karakter anak-anak sejak kecil sesuai ajaran agama,” sebut Ka.Kanwil.

“Anutlah ajaran agama Buddha sebagai pilihan hidup kita secara baik dan benar untuk membentuk karakter bangsa, khususnya para generasi muda dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan,” pungkas Kakanwil.



Sumber : Bimas Buddha

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani





Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi