Masuk dalam Kebijakan Nasional, Ka.Kanwil Terus Perkuat Moderasi Beragama

Diposting pada: Jumat, 11 September 2020
Foto

Jambi (Humas) --Dalam kegiatan Dialog Kerukunan Intern Umat Kristen Kota Jambi pada Kamis (10/9), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad kembali menggaungkan moderasi beragama di hadapan 25 para tokoh agama Kristen dari berbagai gereja di Kota Jambi.

Secara tegas, Ka.Kanwil menyebutkan bahwa moderasi beragama bukan hanya menjadi tugas pokok Kementerian Agama, melainkan sudah menjadi kebijakan nasional.

“Moderasi beragama ini bukan lagi hanya menjadi tugas pokok Kementerian Agama saja, melainkan sudah menjadi kebijakan nasional. Kita harus berbangga sekali karena pemerintah mengeluarkan kebijakan moderasi beragama yang pastinya luar biasa,” sebut Ka.Kanwil.

Pemerintah terus menggalakkan program moderasi beragama yang sudah masuk dalam program prioritas nasional yang telah ditetapkan melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan ditindaklanjuti melalui Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Agama. Kemenag telah menjabarkan moderasi beragama dalam Rencana Strategis (renstra) pembangunan di bidang keagamaan lima tahun mendatang. Oleh karena itu, Kementerian Agama termasuk Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi berkomitmen akan terus memperkuat moderasi beragama.

Adapun program prioritas moderasi beragama untuk mrengukuhkan toleransi, kerukunan dan harmoni nasional yang tercantum dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tersebut dilakukan melalui beberapa kegiatan prioritas, diantaranya:

1. Penguatan cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam perspektif jalan tengah untuk memantapkan persaudaraan dan kebersamaan di kalangan umat beragama, yang dilakukan melalui cara:

- Pengembangan penyiaran agama untuk perdamaian dan kemaslahatan umat

- Penguatan sistem pendidikan yang berperspektif moderat mencakup pengembangan kurikulum, materi dan proses pengajaran, pendidikan guru dan tenaga kependidikan, dan rekrutmen guru

- Penguatan peran pesantren dalam mengembangkan moderasi beragama melalui peningkatan pemahaman dan pengamalan ajaran agama untuk kemaslahatan

- Pengelolaan rumah ibadah sebagai pusat syiar agama yang toleran

- Pemanfaatan ruang publik untuk pertukaran ide dan gagasan di kalangan pelajar, mahasiswa, dan pemuda lintas budaya, lintas agama, dan lintas suku bangsa

2. Penguatan harmoni dan kerukunan umat beragama

- Penguatan peran lembaga agama, organisasi sosial keagamaan, tokoh agama, tokoh masyarakat, ASN, TNI, dan Polri sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa

- Penguatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk membangun solidaritas sosial, toleransi, dan gotong royong

3. Penyelarasan relasi agama dan budaya

- Penghargaan atas ekspresi budaya berbasis nilai-nilai agama

- Pengembangan literasi khazanah budaya bernafas agama

- Pelestarian situs keagamaan dan pemanfaatan perayaan keagamaan dan budaya untuk memperkuat tolerans

Dalam pengarahannya, Ka.Kanwil menyebutkan bahwa moderasi beragama diimplementasikan dalam sejumlah program strategis dengan beberapa langkah untuk memperkuat moderasi beragama, yaitu melakukan berbagai bimbingan keagamaan, kerjasama dengan tokoh agama, dan melalui pendidikan keagamaan, dimana salah satunya adalah moderasi beragama harus menjadi bagian dari kurikulum dan bacaan di sekolah.

Pentingnya moderasi beragama, Kanwilpun sudah membangun kerjasama dengan berbagai instansi dan lembaga, termasuk pemerintah daerah Jambi dan aparat militer di Jambi. Salah satu contohnya adalah kerjasama Kanwil dengan Danrem 042 Garuda Putih Jambi dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) mengenai kehidupan beragama di provinsi Jambi yang baru dilaksanakan beberapa waktu lalu.



Sumber : Bimas Kristen

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi