Gelar Dialog Kerukunan Intern Umat Kristen, Ka.Kanwil Kembali Gaungkan Moderasi Beragama

Diposting pada: Jumat, 11 September 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kerukunan intern umat beragama adalah kebutuhan mendasar sebagai embrio bagi kerukunan nasional. Hal inilah yang menjadi dasar Bimas Kristen Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi untuk mengadakan dialog kerukunan inten umat Kristen pada Kamis (10/9) di salah satu hotel di kota Jambi.

Diikuti oleh 25 tokoh agama Kristen, dimana sebagian besar merupakan pimpinan gereja di kota Jambi, dialog kerukunan inten umat Kristen merupakan sarana untuk menanamkan dan menumbuhkan kerukunan hidup beragama, menjalin hubungan yang harmonis, menjalin kerjasama yang baik dengan sesame umat Kristen, khususnya di Kota Jambi.

Dalam laporannya, Sri Simanjuntak menyampaikan bahwa dialog kerukunan inten umat Kristen ini ditujukan kepada para tokoh agama Kristen di kota Jambi sebab para tokoh agama merupakan perpanjangan tangan pemerintah untuk menghadirkan kedamaian dalam mengelola perbedaan.

“Butuh dukungan dan memang sudah menjadi tugas para tokoh agama umat Kristen untuk melaksanakan pembinaan umat sesuai dengan amanah yang dianugerahkan Tuhan,” ujarnya.

Ka.kanwil, H. Muhamad, M. Pd.I saat membuka kegaiatan mengatakan bahwa dalam moderasi beragama, terbuka ruang dalam sebuah perbedaan sebagai hal yang tidak dapat dihindari.

“Perbedaan adalah suatu hal yang perlu disikapi secara bijak. Berikan ruang kepada setiap orang agar hidup dalam perbedaan tersebut. Ketika seseorang tersisihkan karena tidak diberikan ruang untuk hidup dalam perbedaan tersebut, maka orang tersebut dapat saja melakukan pemberontakan,” ujar Ka.Kanwil.

“Namun, dalam perbedaan tersebut jangan sampai menganggap pemahaman, keyakinan kelompok sendiri yang paling benar, sehingga pada akhirnya membuat orang tersebut tidak menghargai pemahaman keyakinan orang lain,” lanjut Ka.Kanwil.

Sebagai kebijakan nasional, Ka.Kanwil tak henti-hentinya menggaungkan moderasi beragama sebagai bagian penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Moderasi beragama menjadi bagian yang sangat penting sebagai salah satu cara menciptakan kerukunan intern dan antar umat beragama. Moderasi beragama diperlukan untuk menciptakan umat moderat yang tidak mementingkan kepentingan pribadi atau kelompoknya,” kata Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil menyebutkan bahwa moderasi beragama sudah seharusnya dibina sejak dini kepada anak-anak. “Moderasi beragama ini kita bangun mulai dari anak-anak, selanjutnya lebih kepada generasi muda agar menjadi landasan yang kokoh sebagai pedoman hidup mereka,” sebut Ka.Kanwil.

Ditengah pandemi covid-19 ini, Ka.Kanwil menyebutkan bahwa sikap moderat dalam beragama perlu dilakukan, diantaranya, yaitu: Pertama, bersabar menghadapi musibah covid-19. Kedua, mengikuti anjuran pemerintah, pakar dan pihak berwenang dalam penanganan covid-19. Ketiga, mengutamakan keselamatan manusia sesuai dengan kaidah agama. Keempat, tolong menolong dalam mengatasi covid-19 dan dampaknya. “Tolong menolong harus ikhlas tanpa dibatasi suku, agama, dan status sosial sebagai perwujudan dalam memperkokoh kerukunan intern dan antar umat beragama,” pungkas Ka.Kanwil.



Sumber : Bimas Kristen

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi