Ka.Kanwil Kembali Gaungkan Moderasi Beragama Dihadapan Tokoh Agama Budha

Diposting pada: Senin, 07 September 2020
Foto

Jambi (Humas) --Saat ini, Kementerian Agama sangat fokus untuk menggaungkan moderasi beragama. Moderasi beragama adalah cara pandang kita dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri. Ekstremisme, radikalisme, ujaran kebencian (hate speech), hingga retaknya hubungan antarumat beragama, merupakan problem yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad kembali menggaungkan moderasi beragama tersebut di hadapan para tokoh agama dan pengurus berbagai organisasi vihara aau majelis Buddha di kota Jambi pada Minggu (6/9).

Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini membuat informasi keagamaan menyebar secara cepat, termasuk kebebasan masyarakat dalam berpendapat. Dalam hal ini, Kakanwil menegaskan bahwa umat beragama dapat berpendapat secara bebas, namun tidak boleh memaksakan pendapat tersebut.

“Silahkan berpendapat, namun jangan sampai memaksakan pendapat,” tegas Ka.Kanwil.

“Pahami ajaran agama secara utuh. Jangan salahtafsirkan pemahaman agama, lalu berbicara terlalu banyak yang pada akhirnya memprovokasi umat beragama,” kata Ka.Kanwil.

Lebih lanjut Kakanwil menjelaskan bahwa perbedaan adalah realita dunia yang perlu disikapi secara bijak.

“Dunia ini pasti banyak perbedaan, jadi tidak perlu ada perdebatan. Cari satu titik untuk menyatukan perbedaan tersebut,” ujar Ka.Kanwil.

KaKanwil menghimbau agar para tokoh agama Buddha tersebut melakukan moderasi beragama dengan memperkokoh kerukunan internal umat Buddha terlebih dahulu untuk kemudian memperkokoh kerukunan antar umat beragama. “Kedepankan persamaan hak dan kesetaraan sesama umat,” sebut Kakanwil.

Secara norma umum, dalam moderasi beragama, setiap inividu pemeluk agama, apapun suku, etnis, budaya, agama, dan pilihan politiknya harus mau mendengarkan satu sama lain, serta saling belajar melatih kemampuan mengelola dan mengatasi perbedaan pemahaman keagamaan di antara umat beragama.

Pada akhirnya, KaKanwil mengajak agar para tokoh agama tersebut menjadi para pelaku moderasi beragama yang bertujuan untuk menjaga kerukunan umat beragama. “Pasti aka nada kebahagiaan tersendiri dalam diri kita ketika kita mampu menjadi pelaku moderasi beragama yang mampu hidup berdampingan satu sama lain,” pungkas Ka.Kanwil.



Sumber : Bimas Buddha

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi