Kanwil Fasilitasi Seleksi Wawancara Pimpinan Baznas Kota Jambi

Diposting pada: Kamis, 27 Agustus 2020
Foto

Jambi (Humas) --Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi memfasilitasi pelaksanaan seleksi wawancara calon pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Kota Jambi periode 2020 – 2025 pada Rabu (26/8).

Kepala Sub Bagian Umum dan Humas, H. M. Yazid menyampaikan bahwa seleksi wawancara disusun oleh Lembaga Baznas Provinsi Jambi dan Kanwil memfasilitasi pelaksanaannya. “Kanwil hanya memfasilitasi saja, namun konsep dan susunan pelaksanaan seleksi dari Baznas provinsi,” jelas beliau.

Bertempat di Aula Kanwil, gelaran seleksi wawancara tersebut dilaksanakan selama 2 hari, yaitu 26 – 27 Agustus 2020 yang diikuti oleh 10 peserta seleksi. Kesepuluh calon pimpinan Baznas Kota Jambi tersebut langsung diuji oleh 5 komisioner atau pimpinan Baznas Provinsi Jambi.

Sebelumnya, kesepuluh calon pimpinan Baznas Kota Jambi tersebut diuji oleh panitia seleksi dari Pemda Kesra Kota Jambi berupa verifikasi dokumen peserta dan uji kompetensi dan termasuk wawancara peserta seleksi setelah memenuhi persyaratan administrasi.

“Setelah dari Kesra Kota, hasil uji kompetensi dan dokumen peserta dilimpahkan ke Baznas Provinsi Jambi untuk pelaksanaan seleksi wawancara oleh Baznas Provinsi yang kita laksanakan hari ini,” ungkap salah seorang pegawai Baznas yang mengurus pelaksanaan seleksi tersebut.

Hasil dari seleksi wawancara tersebut kemudian akan diserahkan ke Baznas pusat untuk merekomendasikan 5 orang calon pimpinan Baznas Kota Jambi terdiri dari 1 Ketua dan 4 Wakil Ketua, yang kemudian 5 orang tersebut akan diajukan kepada pimpinan dan BAZNAS Nasional. Dan selanjutnya akan dikeluarkan Surat Keputusan (SK) dan dilantik oleh Pemerintah Kota Jambi.

Ketua BAZNAS Provinsi Jambi, H. Hasan Basri menghimbau agar para pimpinan Baznas Kota Jambi yang terpilih nanti agar memperkuat pemahaman mengenai peraturan dan perundang-perundangan mengenai zakat agar dapat berjalan searah dengan DPRD Kota Jambi. “Dalami peraturan perundang-undangan tentang zakat biar sejalan dengan dewan, termasuk aturan perpajakan dari Ditjen Pajak Indonesia,” ujar beliau.

Sementara itu, Wakil Ketua I, H. Abdul Manan agar para pengurus Baznas Kota Jambi terpilih nanti dapat mengupayakan langkah-langkah untuk mengajak para pengusaha swasta dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar secara aktif membayarkan zakat beserta pajaknya. “Pikirkan langkah-langkah apa yang harus diambil agar para pengusaha swata dan ASN aktif membayar zakat beserta pajaknya,” himbau beliau.

Sedangkan Wakil Ketua II, Mohd. Ishak menekankan agar para pimpinan Baznas Kota Jambi yang terpilih nanti harus tegas dan tidak lemah dalam menegakkan aturan-aturan. “Kalau mau jadi pengurus, harus kuat, tidak lemah dalam menghadapi tantangan yang ada,”tegas beliau.

Demikian pula, Wakil Ketua III, Sri Rahayu menghimbau agar para pimpinan Baznas Kota Jambi yang terpilih nantu dapat mengupayakan strategi yang perlu diambil untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat agar bersedia mengeluarkan zakat melalui Baznas. “Pikirkan strategi kedepannya agar masyarakat lebih percaya lagi untuk mengumpulkan zakatnya melalui Baznas,” himbau beliau.

Gabe Hasibuan, salah seorang peserta seleksi mengungkapkan bahwa jika terpilih sebagai salah seorang pimpinan Baznas kota Jambi nanti berharap dalam kepengurusannya, Baznas dapat menjalankan tugas dan fungsi sebaik mungkin terutama dalam upaya mengentaskan angka kemiskinan. “Zakat ini sangat penting sebab besar potensinya untuk membantu para masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan,” ujar beliau.



Sumber : BAZNAS Provinsi Jambi

Penulis : Siska Lidya

Editor : Paspihani

Unduh Info Penting

  1. Surat Kegiatan Daerah Tahun 2021 Dirjen Bimas Islam (kemarin) >>> Unduh
  2. Surat Edaran Pengajian Kenaikan Pangkat Penghulu (10 hari yang lalu) >>> Unduh
  3. Nota Dinas Pendataan Vaksinasi Covid-19 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  4. Surat Pendataan Seluruh ASN Persiapan Vaksinasi Covid-19 Tahun 2021 (14 hari yang lalu) >>> Unduh
  5. Pendataan Dewan Hakim MTQ-STQ Tahun 2021 (15 hari yang lalu) >>> Unduh

Contact Details

Telephone: (0741) 63214
kanwiljambi@kemenag.go.id
https://jambi.kemenag.go.id

Address: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.13, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Install Humas TV

SITUSWEB KEMENAG RI KANTOR WILAYAH PROVINSI JAMBI

Ini adalah situsweb resmi Kementerian Agama RI Kantor Wilayah Provinsi Jambi