Diposting Pada: Senin, 12 Februari 2018
Audiensi Ketua BAZNAS dan Ka.Kanwil, Sepakati Tingkatkan Kinerja BAZNAS


Audiensi Ketua BAZNAS dan Ka.Kanwil, Sepakati Tingkatkan Kinerja BAZNASJambi (Inmas) –Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Muhamad menerima kunjungan para pengurus Baznaz Provinsi Jambi di ruang kerjanya, Senin (12/2).Audiensi ini bertujuan untuk mereview kinerja BAZNAS Tahun 2017 dan menelaah berbagai persoalan yang dihadapi guna mendapatkan solusi terbaik terkait pengelolaan zakat di Provinsi Jambi. Selaian dari pada itu, juga dibicarakan pembentukan UPZ, terutama pada satuan kerja di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi (-red).

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.BAZNAS bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas. Sinergitas dua lembaga ini menjadi penting karena akan saling menguatakan demi terwujudnya pengelolaan zakat yang profesional dan akuntabel.

Dalam pertemuan tersebut Kakanwil menyampaikan bahwa pada dasarnya Kanwil Kementerian Agama provinsi jambi selaku pembina siap untuk memfasilitasi pertemuan, sehingga permasalahan dan potensi pengelolaan zakat di provinsi jambi ini harus clear,dilihat dari sudut pandang yang komprehensif.

“Harus ada kajian mendalam terkait zakat ini, mulai dari menghimpun, mendistribusikan dan mendayagunakan zakat dan jika terdapat peraturan yang multitafsir, maka mari kita duduk bersama, mengkaji terlebih dahulu, kami siap mendatangkan ahli dalam tatanan peraturan perundang-undangannya dan dalam kelimuan agamannya kita datangkan ahlinya pula, sehingga kedepan harapannya semua program Baznaz akan terealisasi dan akan semakin tumbuh kesadaran dan kepercayaan masyarakat untuk mau menyetorkan zakatnya di Baznaz Provinsi Jambi”, Terangnya.

Permasalahan zakat ini sesungguhnya dapat terjawab dengan inovasi, komitmen untuk mengimplementasikan apa yang menjadi program kerja. Harapannya, kedepan kita lebih bersinergi, untuk memajukan Baznaz Provinsi Jambi ini, ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Penais Zakat dan Wakaf mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas serta kepercayaan publik, perlu adanya peningkatan kapasitas SDM pengelolanya, meningkatkan komunikasi dan yang tak kalah pentingnya adalah mengkoordinasikan kepada para stake holder. (NV)

 


144x
Dibaca

BERITA LAINNYA:
Hadapi O2SN Tingkat Kabupaten, MTsN Muara Bulian Lakukan Pertandingan Persahabatan
Hadapi O2SN Tingkat Kabupaten, MTsN Muara Bulian Lakukan Pertandingan Persahabatan
Pengawas dan Staff Penmad Kemenag Batanghari Pantau Pelaksanaan UAMBN dan USBN MTsN Maro Sebo Ulu Hari Kedua
Pengawas dan Staff Penmad Kemenag Batanghari Pantau Pelaksanaan UAMBN dan USBN MTsN Maro Sebo Ulu Hari Kedua
Putri Kakan Kemenag Tanjab Timur Raih Prestasi Membanggakan
Putri Kakan Kemenag Tanjab Timur Raih Prestasi Membanggakan
Salurkan KIP di Gorontalo, Menag: Jangan Sampai Ada Anak Tidak Sekolah
Salurkan KIP di Gorontalo, Menag: Jangan Sampai Ada Anak Tidak Sekolah

 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 17 Agustus 2018, 22:43:38 wib | Diproses dalam waktu : 0.1061 detik
Diakses dari ip address: 54.80.93.19
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved