Diposting Pada: Selasa, 09 Januari 2018
Ka.Kanwil : Ma'had Aly Diharapkan Dapat Mempercepat Kaderisasi Ulama di Jambi


Ka.Kanwil : Ma'had Aly Diharapkan Dapat Mempercepat Kaderisasi Ulama di JambiJambi (Inmas) --Ma'had Aly pertama kali dirintis melalui kerjasama beasiswa program Ma'had Aly Strata Satu di Ma'had Aly Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Situbondo dengan mengirimkan 12 santri pada tahun 2009. Keberadaan Ma'had Aly di Provinsi Jambi penting didirikan sebagai satuan pendidikan yang dirancang khusus untuk menampung lulusan pondok pesantren dalam mendalami ilmu agama islam yang digali dari khazanah kitab kuning. Untuk menunjang itu semua, berbagai fasiltas yang dibutuhkan juga mutlak untuk dibangun, salah satunya ruang belajar yang menjadi sarana belajar di Ma'had Aly.

Bertempat di Kampus Ma'had Aly Syekh Ibrahim Al-Jambi, Senin (8/1) Ka.Kanwil, H.Muhamad meresmikan penggunaan Ruang Kelas Baru (RKB) Ma'had Aly Syekh Ibrahim Al-Jambi yang turut dihadiri Ketua Yayasan Pondok Pesantren As'ad, KH.Najmi Qodir, pengasuh Ma'had Aly, sejumlah pejabat Kanwil dan Dr.Ahmad Yusuf dari Global Islamic University Beirut Libanon.

"Melalui lembag Ma'had Aly, diharapkan kita dapat melakukan percepatan pengkaderan ulama di Provinsi Jambi yang dalam beberapa dekade terakhir mengalami stagnasi (terhenti, red)," kata Ka.Kanwil saat sambutan.

Menurutnya, dengan adanya Ma'had Aly, santri yang memiliki minat istimewa dalam pendalaman kitab kunig dan menjadi ulama yang mumpuni akan memiliki wadah pendidikan yang tepat, karena Ma'had Aly adalah perguruan tingginya Pondok Pesantren.
"Kami menyambut baik pengembangan Ma'had Aly Syeikh Ibrahim Al-Jambi ini, dengan catatan semua gagasan diarahkan untuk cita-cita pengkaderan ulama yang dapat mencetak tenaga pendidik dan calon kyai pesantren dengan kompetensi yang sesuai harapan," ujar Ka.Kanwil.

Ka.Kanwil berharap, Ma'had Aly akan semakin maju dan menunjukkan kualitasnya yang khas, sehingga dapat menjadi kiblat pendidikan bagi seluruh tamatan pondok pesantren di Provinsi Jambi khususnya, bahkan bagi santri se-Indonesia dalam pendalaman bidang Muqaranatul Mazahib (perbandingan mazhab). (pas)

 


150x
Dibaca

BERITA LAINNYA:
Saatnya MI Sungai Jambu Membangun
Saatnya MI Sungai Jambu Membangun "Ruang Kelas Baru (RKB)
ASN Harus Profesional dan Tanggung Jawab Dalam Bekerja
ASN Harus Profesional dan Tanggung Jawab Dalam Bekerja
Upacara Perdana, Osim MTsN Danau Kerinci Unjuk Kebolehan
Upacara Perdana, Osim MTsN Danau Kerinci Unjuk Kebolehan
Wagub Tutup Perhelatan MTQ ke-47 tingkat Provinsi Jambi
Wagub Tutup Perhelatan MTQ ke-47 tingkat Provinsi Jambi

 

http://jambi.kemenag.go.id
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesional, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan
Diakses pada: 25 April 2018, 05:29:09 wib | Diproses dalam waktu : 0.1181 detik
Diakses dari ip address: 54.80.103.120
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
Copyright © 2017 Subbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved